Pariaman International Triathlon 2019, Ubur-ubur jenis bluebottle Membuat Negara Lain Absen

Advertisements

Padang-today.com__Pariamaman Triathlon merupakan gelaran soprt torism ke-6 yang diselengarakan di Kota Pariaman, yang ke 6 ini diselenggarakan di Pantai Kata, Pariaman Selatan. Selain meningkatkan prestasi para atlet Indonesia Pariaman Triathlon  untuk menggeliat pariwisata di daerah itu.

Pariaman International Triathlon 2019 merupakan event olah raga yang memadukan tiga cabang olah raga yaitu berenang, berlari dan sepeda berskala internasional ini. Ini melibatkan atlet lebih dari 328 orang peserta ikut Ivent tersebut, pada Sabtu dan Minggu 23/24-2019.

“Namun jumlah itu mungkin akan bertambah lagi. Soalnya hingga saat ini sampai sore nanti, pendaftaran masih dibuka. Tapi itu khusus untuk triathlon,” kata Walikota Pariaman, Genius Umar, pada pembukaan ivent tersebut Sabtu (23/11/2019), di Pantai Kata Kota Pariaman.

Ia menyebutkan, untuk hari ini baru lomba duathlon yakni balap sepeda dan lari. Triathlon sendiri, sebuah kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari. Untuk lomba balap sepeda dan lari ini ‘ duathlon ” diikuti sekitar 125 perserta.

“Sedangkan untuk yang berlaga besok, sudah ada 203 orang peserta yang mendaftar. Pembukaan pendaftaran masih dibuka sampai sore,” kata dia.

Dikatakan Genius, peserta yang ikut dalam PIT tahun 2019 ini, tidak diikuti negara lain. Pesertanya hanya dari kota yang ada di Indonesia. Seperti, Jepara, Surabaya, Makasar, dan Jakarta.

Karena peristiwa ubur-ubur jenis bluebottle yang menyerbu perairan pantai Kota Pariaman, beberapa waktu yang lalu, lanjutnya, sehingga membuat pelaksaan Ivent Pariaman International Triathlon (PIT) tahun 2019 ini, tidak diikuti oleh warga negara lain.

“Pada ivent sekarang ini, tidak ada dari warga negara lain yang ikut. Hanya warga Indonesia saja. Ini mungkin dampak dari peristiwa ubur-ubur kemarin itu, sehingga mereka takut,” kata Genius Umar, pada Sabtu

Terkait hal itu, pihaknya nanti ini akan memperbaikinya lagi. Agar ditahun nanti akan ada peserta dari negara lain.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Alfian mengatakan, untuk rute PIT lari dan bersepeda, melalui Kelurahan Karan Aur, Desa Taluak, Marunggi, Pasia Sunuah hingga Padang Cakuah. Sedangkan untuk hadiah yang diperebutkan sekitar Rp 390 juta. (herry suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*