Pariaman Triathlon Team Lahirkan Pelajar jadi Atlet Triathlon

Padang-today.com___Salah satu peserta Iven Pariaman Internasional Triathlon (PIT) 2018 adalah Pariaman Triathlon Team (PTT). PTT ini merupakan tim triathlon asal Kota Pariaman yang terdiri dari pelajar-pelajar dari Kota Pariaman.

PTT berhasil meraih juara dua pada kategori pelajar nasional, Roli Wilefi pelajar SMA 2 Pariaman dan juara dua kategori umur 16-19 tahun, Muhammad Hardiansyah pelajar SMA 1 Pariaman, pada iven Pariaman Internasional Triathlon (PIT) 2018, Pantai Kata Pariaman.

PTT mengikuti PIT 2018 terdiri dari enam orang, yakni berasal dari tiga orang dari pelajar SMA 2 Pariaman, satu orang dari SMK 3 Pariaman, dan dua orang dari SMA 1 Pariaman.

Salah seorang pelatih PTT, Indra mengatakan bahwa awal terbentuk PTT ketika ia mengikuti iven triallon pertama di Kota Pariaman tahun 2014 lalu.

“Ketika iven triathlon pertama dilaksanakan di Kota Pariaman saya berhasil meraih lima besar pada corporate class, tahun 2015 juga  kelas yang sama saya meraih juara dua”, ungkapnya ketika diwawancara usai penutupan Pariaman Internasional Triathlon 2018 di Pantai Kata, Kota Pariaman.

Selain itu, lanjutnya, iven triathlon tahun 2016 dan 2017 di Pantai Cermin Kota Pariaman, ia berhasil juga meraih juara dua.

“Pada tahun 2017 tersebut,  Walikota Pariaman meminta saya untuk membina pelajar-pelajar Kota Pariaman agar bisa mengikuti iven triathlon khususnya di Kota Pariaman”, ujarnya menjelaskan.

Kemudian, lanjutnya, Kota Pariaman menggelar iven duathlon pelajar se Kota Pariaman pada bulan Juli 2017.

Semuanya ini terlahir dari ivent-ivent tersrbut. Sehingga pihaknya berhasil menjaring 11 pelajar Kota Pariaman untuk dilatih menjadi atlet triathlon Kota Pariaman.

Kemudian pihak Pemko Pariaman mendukung pembentukan Pariaman Triathlon Team dengan menfasilitasi lima unit sepeda road bike.

“Ada 11 orang pelajar yang direkrut dan langsung mengikuti Pariaman Internasional Triathlon tahun 2017 lalu, kata dia.

Pada iven tersebut PTT berhasil meraih juara tiga nasional kategori junior triathlon dan juara dua kategori pelajar nasional.

“Setelah mengikuti Pariaman Internasional Triathlon tahun 2017 di Kota Pariaman, PTT kembali mengikuti Jepara Internasional Triathlon bulan November 2018 lalu dan berhasil meraih juara dua kategori pelajar nasional dan kategori umur 16-19 tahun,” kata dia.

PTT yang diasuh oleh 4 orang pelatih,  Indra pegawai kantor pos pariaman, Fitrawati Kepsek SMP 8 Pariaman, Guru SD 19 Kp. Baru, Arif dan Jus guru SMA 2 Pariaman.

Kedepannya PTT akan merekrut 20 orang pelajar Kota Pariaman dan akan membentuk tim relai triathlon. PTT juga akan mengikut kategori open pada bulan Maret 2019 mendatang di sibolga.

Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar memberi motivasi kepada atlet Pariaman Triathlon Team untuk terus latihan dan mengikuti iven serupa di daerah lain di Indonesia atau bahkan negara lain.

“PTT harus mampu menignkatkan prestasinya di ajang triathlon di Indonesia atau bahkan luar negeri, sehingga mampuy mengangkat nama baik Kota Pariaman di bidang olehraga Triathlon khususnya dan Indonesia umumnya”, ungkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*