Pariaman Wujudkan Destinasi Sport Tourism Melalui Pariaman Internasional Triathlon 

Padang-today.com___Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), fokus mewujudkan daerah itu sebagai salah satu destinasi wisata sport tourism atau wisata berbasis olahraga melalui event Pariaman Internasional Triathlon yang digelar 1 hingga 2 Desember 2018.
Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Sabtu, 01/12/2018 mengatakan event Pariaman Internasional Triathlon tersebut merupakan salah satu strategi pemerintah daerah dalam menggenjot kunjungan wisatawan lokal, domestik hingga mancanegara ke daerah itu.
“Event Pariaman Internasional Triathlon beberapa tahun terakhir secara rutin diadakan pemerintah daerah, peserta yang dilibatkan merupakan atlet profesional ditambah dengan aparat seperti TNI, Polri serta kalangan umum,” katanya.
Namun ujar dia, penyelenggaraan Pariaman Internasional Triathlon 2018, sengaja menawarkan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya dengan membuat kategori baru yaitu executif relay triathlon.
Khusus kategori executif relay triathlon, paparnya, para peserta yang dilibatkan yaitu kalangan pejabat pemerintah, pengusaha dan kalangan umum.
Kategori tersebut lanjutnya, sengaja diciptakan pihak panitia untuk memberikan warna tersediri sehingga memberikan kesan semarak bagi masyarakat luas.
“Dalam kategori ini saya ikut ambil bagian dan bekerja sama dengan Wakil Wali Kota Bapak Mardison Mahyuddin dan Sekretaris Daerah Bapak Indra Sakti dalam satu tim,” tuturnya.
Pihaknya menyakini keseriusan pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata melalui konsep sport tourism akan berdampak juga kepada sisi perekonomian masyarakat.
Selain itu, lanjut dia, pemerintah daerah juga akan menambah sejumlah kalender pariwisata berbasis olahraga pada 2019 seperti sepatu roda, tinju pantai, voli pantai dan sejumlah olahraga lainnya.
“Meramaikan daerah akan terus kita lakukan, oleh karena itu kami mengharapkan dukungan seluruh pihak untuk menjadikan Pariaman sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia khususnya Sumbar,” katanya.
Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pariaman, Elfis Candra mengatakan terdapat beberapa negara peserta ambil bagian pada kegiatan tersebut seperti Prancis, Amerika Serikat, Jepang, India, Australia, Malaysia, New Zealand dan Indonesia sebagai tuan rumah.
Ia mengatakan keikutsertaan berbagai negara tersebut diharapkan mampu terus memacu sektor pariwisata Pariaman ke tingkat mancanegara.
Pariaman internasional triathlon tukasnya, merupakan salah satu upaya pemerintah daerah memacu kunjungan wisatawan melalui wisata berbasis olahraga.
Sementara itu anggota DPR RI daerah asal pemilihan Sumatera Barat II John Kenedy Azis, menilai pemerintah Kota Pariaman sudah membuktikan diri secara bertahap menjadikan kota itu sebagai destinasi wisata di Sumatera Barat.
Hal itu lanjut dia, dibuktikan dengan berbagai event berskala nasional dan internasional yang diadakan pemerintah setempat untuk memajukan kota berjuluk “Tabuik” tersebut.
“Salah satunya event Pariaman Internasional Triathlon, pemerintah daerah sukses mengundang para atlet dan peserta dari berbagai daerah termasuk dari luar negeri,” katanya.
Pihaknya menilai Kota Pariaman sangat potensial mengembangkan konsep pariwisata berbasis olahraga karena didukung dengan kekayaan alam atau objek wisata yang indah.
Bahkan, ujar dia, di beberapa negara penyelenggara triathlon tidak memiliki pantai dan objek wisata seindah di Kota Pariaman. Hanya saja pihak panitia di luar negeri mampu mengemas sedemikian baik. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas