Pasangan Calon Perseorangan Ditunggu Mendaftar 6-10 Agustus oleh KPU

Press Conference KPU Kota Payakumbuh

Press Conference KPU Kota Payakumbuh

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh mengeluarkan pengumuman nomor 75/KPU-Kota.003.435146/VII/2016 tentang Penyerahan Dokumen Dukungan untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh 2017. Berdasarkan pasal 12 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota bahwa KPU Kota Payakumbuh mengumumkan jadwal penyerahan dokumen dukungan Pasangan Calon Perseorangan, sebelum masa penyerahan dokumen dukungan.

Dijelaskan oleh Ketua KPU Kota Payakumbuh, Hetta Manbayu bersama Ketua KPU Sumbar Amnasmen, para Komisioner, dan Sekretaris KPU Dipa Surya Persada, dalam jumpa pers di GOR M Yamin, Kamis (21/7/2016) bahwa jumlah syarat dukungan pemilih dan daerah sebaran pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh 2017, adalah; jumlah minimal syarat dukungan pemilih pasangan calon perseorangan 8.674 orang. Lalu, jumlah minimal sebaran dukungan pemilih pasangan calon di 3 kecamatan.

”Dokumen dukungan berupa; Surat Pernyataan yang menggunakan formulir model B.1-KWK Perseorangan dengan dilampiri fotokopi KTP dan rekapitulasi jumlah dukungan per kelurahan dengan menggunakan formulir Model B.2-KWK Perseorangan,” ujar Hetta Manbayu di depan para awak media.

Lalu, pasangan calon menyerahkan surat pernyataan dan rekapitulasi jumlah dukungan dalam bentuk softcopy dan hardcopy. Kegiatan pencalonan menggunakan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dengan ketentuan, untuk aktivasi pada aplikasi Silon, calon perseorangan mengirimkan surat yang berisikan nama dan alamat email operator Silon Pasangan Calon Perseorangan yang ditujukan kepada Ketua KPU Kota Payakumbuh.

Bagi Pasangan Calon atau Perwakilan Bakal Pasangan Calon yang akan menggunakan aplikasi Silon untuk meminta username agar memberikan surat mandat dari Pasangan Calon Perseorangan yang bersangkutan. Lalu, pasangan calon melakukan aktivasi penggunaan Silon dengan mengakses link aktivasi yang diberikan KPU Kota Payakumbuh untuk selanjutnya membuat password sesuai yang diinginkan. Diterangkan juga, bahwa pernyataan dukungan dibuat dalam bentuk file excel (formulir Model B.1-KWK Perseorangan) yang akan diupload ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) oleh Pasangan Calon Perseorangan.

Dokumen dukungan pasangan calon perseorangan dibuat dalam 3 rangkap, 1 asli untuk KPU Kota Payakumbuh, 1 rangkap salinan untuk PPS, 1 rangkap salinan pasangan calon setelah mendapat pengesahan dari KPU Kota Payakumbuh dimana KPU Kota Payakumbuh membutuhkan paraf dan cap basah.

Ketentuan Lain

Dalam hal Pasangan Calon perseorangan telah menghimpun surat pernyataan dukungan secara perseorangan atau kolektif, tapi tidak menggunakan formulir Model B.1-KWK Perseorangan, Pasangan Calon Perseorangan wajib menyusun daftar nama pendukung ke dalam formulir Model B.1-KWK Perseorangan, dilampiri surat pernyataan dukungan yang telah dihimpun, berisi data; Nama, NIK, alamat, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota, tempat dan tanggal lahir/umur, jenis kelamin, status perkawinan.

”Dalam hal pasangan calon tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud di atas, KPU Payakumbuh mengembalikan dokumen dukungan untuk diperbaiki dalam masa penyerahan dokumen dukungan,” terang Hetta Manbayu didampingi Komisioner lainnya.

Dijelaskan, untuk tempat penyerahan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan adalah Kantor KPU Kota Payakumbuh di Jalan Rky Rasuna Said Komplek GOR M Yamin Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur. Diserahkan pada tanggal 6-10 Agustus 2016 pada pukul 8.00 – 16.00 WIB.

“Lain-lain, bahwa formulir Surat Pernyataan Dukungan dan Rekapitulasi Jumlah Dukungan serta file Excel data dukungan dapat diambil di kantor KPU Kota Payakumbuh. Selama masa pengumuman penyerahan syarat dukungan KPU membuka ruang konsultasi/helpdesk terkait penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan. Akses juga dibuka di http://kpu-payakumbuhkota.go.id/.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*