Pasangan Fakhrizal-Genius Tambah Dua Kali Kekurangan Dukungan

Padang, Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Fakhrizal-Genius Umar melengkapi kekurangan berkas dukungan ke KPU Sumbar.

“Tim nantinya segera menambah kekurangan berkas dukungan selanjutnya menyerahkan pada KPU Sumbar,”kata Balon Wakil Gubernur Sumbar Genius Umar.

Menurut dia, hasil rapat pleno verifikasi faktual dilakukan KPU Sumbar, ada kekurangan sebanyak 185.793 dukungan. Artinya kami menambah dua kali lipat yakni 371.586 dukungan.

“Pasangan telah menyiapkan berkas dukungan untuk menambahkan kekurangan dari hasil verifikasi faktual tersebut,”sebut dia.

Terkait waktu tiga hari yang diberikan KPU Sumbar untuk memperbaiki syarat dukungan, pihaknya akan bekerja maksimum. “Walaupun angkanya sangat fantastis, kita gunakan, kita ikuti prosesnya, saya anggap apa yang kita mulai harus kita selesaikan,”ucap Genius Umar.

Sementara itu Izwaryani Komisioner KPU Sumbar menyebutkan pasangan Fakhrizal-Genius Umar belum lolos, bukan tidak lolos, harus melengkapi kekurangan berkas dukungan.

Kekurangan berkas dukungan pasangan balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar jalur perseorangan
Fakhrizal-Genius Umar sebanyak 185.793. Pasangan tersebut harus menambah kekurangan dukungan dikalikan dua.

“Untuk bisa mengikuti tahapan selanjutnya balon harus menambah dua kali kekurangan berkas dukungan,”pungkas Izwaryani.

Menurut dia, pasangan balon tersebut diberikan waktu mulai 25-27 Juli 2020 untuk melengkapi kekurangan berkas dukungan tersebut.

“Ada waktu tiga hari untuk lengkapi kekurangan berkas tersebut agar bisa lolos dan mengikuti tahapan selanjutnya,”ucap dia.

Selanjutnya, tambah dia KPU akan melakukan kembali verifikasi faktual kekurangan berkas dukungan tersebut. Verfak mulai 28 Juli hingga 4 Agustus 2020.

“Tentang verfak dukungan perbaikan, ada penjelasan dari KPU-RI mengacu peraturan KPU no.3 dimana verifikasi faktual tidak lagi dilakukan secara sensus tetapi dilakukan secara kolektif,”jelas Izwaryani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas