Pasar Santa, Tempat Berkumpulnya Penggemar Kopi

kopisanta1Jakarta, PADANGTODAY.com – Bila biasanya segelas kopi spesialti hanya bisa dicari di coffee shop besar, maka kini Anda bisa mencicipinya di pasar Santa. Kemunculan usaha kreatif membuat pasar Santa jadi tempat berkumpul penggemar kopi.

Advertisements

Mulai dari membeli biji kopi hijau, mencoba kopi dingin hingga merasakan kenikmatan kopi pemenang kompetisi dunia semua bisa dilakukan disini. Berikut beberapa tempat ngopi yang ada di pasar Santa.

1. ABCD Coffee
A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD) yang memulai hashtag #ngopidipasar di instagram, belakangan jadi perbincangan. Kedai yang terletak di lantai 2 pasar Santa jadi tempat berkumpulnya penikmat kopi dan barista. Meski berada di pasar, namun ABCD menyediakan kopi lokal hingga pemenang kejuaraan kopi internasional. Di antaranya seperti kopi Geisha Panama, kopi Maruyama Jepang, Five Senses Australia, kopi Brazil dan lainnya.

Selain tempat minum kopi, ABCD yang didirikan Hendri Kurniawan ini membuka school of coffee untuk calon barista. ABCD Coffee biasanya dibuka akhir pekan dan saat ada persediaan kopi. Informasi waktu buka ABCD Coffee bisa dilihat melalui akun instagram @abcd_coffee.

2. Dapoer Kopi
Dapoer Kopi menjadi kedai kopi spesialti pertama di pasar Santa yang berdiri sejak tahun 2011. Kedai milik Christine Tandibua ini menjual biji kopi hijau (green bean) asal Toraja, Sulawesi. Jenis yang dijual adalah kopi Sapan dan Yale. Selain menjual biji kopi mentah, Dapoer Kopi yang terletak di lantai 1 pasar Santa juga menyediakan roasted beans. Bagi pengunjung yang ingin minum kopi di tempat, Dapoer Kopi menjualnya hanya dengan harga Rp 3.000 – Rp 7.000 per gelas. Informasi seputar Dapoer Kopi dapat dilihat melalui akun instagram @dapoerkopi.

3. GayoBies
GayoBies menjual kopi Single Origin dan Single Estate asal dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Kedai kopi di lantai 2 pasar Santa ini menyediakan GayoBies Sunset (kopi sangrai medium), GayoBies Nite (kopi sangrai gelap) dan GayoBies Luwak. Kopi GayoBies tersedia dalam bentuk biji, bubuk, dan drip coffee (sachet ukuran 10 gr). Biji kopi hijau (green bean) terdiri dari kopi spesialti, kopi luwak, dan kopi Arabika Grade 1.

GayoBies juga menyediakan tempat bagi yang ingin minum kopi disana sambil ditemani nasi bakar dan jajanan pasar. Kedai ini baru buka di akhir pekan. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui akun twitter @GayoBiesKopi.

4. Bear&Co
Bear&Co menyediakan kopi nitro cold brew yang belum ada di Indonesia. Bila tak suka kopi, kedai kopi milik Josh Estey ini juga menyajikan cold brew tea. Sebelum buka di pasar Santa, pemilik Bear&Co sempat berjualan kopi dengan sepeda saat Car Free Day berlangsung.

Di pasar Santa, Bear&Co buka Kamis-Sabtu mulai pukul 16:00. Informasi lebih lanjut mengenai Bear&Co dapat dilihat melalui akun Instagram bearandcoffee.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*