Pasca Karamnya Kapal Wisata, KSOP Kelas II Teluk Bayur Berikan Edukasi Kepada ABK

Padang-today.com__Pasca karamnya kapal wisata tujuan Pulau Angso Dou, Pemerintahan Kota Pariaman bekerjasama dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur dan Politeknik Pelayaran Sumbar berikan penyuluhan keselamatan pelayaran kepada ABK dan Pemilik Kapal di Pariaman.

Dalam penyuluhan itu, dilakukan penyerahan jaket pelampung (life jaket) sebanyak 60 buah secara simbolis kepada Anak Buah Kapal (ABK) dan sisanya 450 buah lainnya langsung ke lokasi.

Pemko Pariaman ajak semua unsur stakeholder terkait di Pemerintahan tetap memperhatikan hal ini, dengan memperbaiki semua sistem. Mungkin sebelumnya keberangkatan ke Pulau melaui dua titik, mulai hari ini keberangkatan hanya satu titik yaitu di Muara Pantai Pariaman.

“Mulai dari sekarang saya sampaikan untuk penyebrangan ke Pulau Angso hanya bisa dilakukan pada satu titik yaitu di Muaro,” kata Genius Umar, Senin (28/10).

Selain sosialisasi ini, Pemko Pariaman juga akan melakukan pelatihan kepada ABK yang bertugas membawa wisatawan ke Pulau Angso di Polteknik Pelayaran tentang keselamatan pelayaran.

“Semua ABK untuk diberikan pelatihan di Tiram dan diharapkan kepada nahkoda kapal dan ABK dengan sukarela dan semangat untuk ikut pelatihan tersebut. Dan hasil dari pelatihan akan diberikan sertifikat bahwa mereka layak untuk mengemudi kapal,” katanya.

Genius juga menyampaikan, dalam duaminggu ini pihaknya juga akan melakukan pengecekan kapal-kapal yang digunakan untuk membawa wisatawan tentang kelayakan berlayarnya.

“Terakhir kita lakukan pengecekan bulan Juni atau saat lebaran dan semuanya layak berlayar. Karena ada kejadian ini maka kita lakukan lagi pengecekan, serta pengecekan SKK pengemudi kapal,” katanya. (herry suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas