Pasca Lebaran, Masyarakat Serbu Disdukcapil Padang Pariaman

Masyarakat Serbu Disdukcapil Padang Pariaman

Padang-today.com__Pasca lebaran masyarakat Padang Pariaman serbu Dinas Kependudukan Catatan Sipil untuk mengurus E-KTP, Akta Kelahiran, Perubahan KK, Surat Pindah dan surat lainnya.

“Sejak tiga hari yang lalu rata-rata masyarakat mengurus surat di Disdukcapil ada sebanyak 300 masyarat. Namun untuk hari ini ada sekitar 500 masyarakat ngantrian di loket,” kata Sekretaris Disdukcapil Padang Pariaman, Martoni di Pariaman, Senin (25/6/2018).

Ia mengatakan, untuk hari ini yang paling banyak merekam e-KTP, jika dibanding dengan surat-surat lainnya. Pasalnya, masyarakat perantau yang banyak mengurus surat-surat.

“Perantau pulang satu kali dalam setahun, sehingga ketika pulang langsung memanfaatkan untuk mengurus e-KTP atau KK,” ujarnya.

Seterusnya, kata dia, di Padang Pariaman ada sebanyak 462.125 jumlah penduduk saat ini. Kemudian yang masih belum merekam KTP ada sebanyak 30 ribu, sementara diantaranya ada 10 ribun yang pemula atau baru masuk usia merekam KTP.

“Data tersebut sesuai dengan hasil coklit di KPU bahwa beberapa waktu dulu, sehingga dengan jumlah tersebut masih belum mempunyai e-KTP,” ujarnya.

Sementara itu, jumlah masyarakat yang sudah merekam ada sebanyak 260.284 baik perantau maupun masyarakat setempat.

Ia mengimbau masyarakat segera mendatangi Disdukcapil maupun dikecamatan masing-masing untuk mengurus e-KTP.

“Kalau tidak merekam e-KTP, maka tidak bisa menggunakan hak pilih pada saat pemilihan legislatif di Padang Pariaman di tahun 2019 nanti,” tutupnya. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas