Pasca Lebaran, Wisata Buru Babi Diminati Perantau

Photo Ilustrasi Buru Babi di Padangpariaman

Padang-today.com__Lebaran kelima kali ini, Padangpariaman, Sumatera Barat, kebanjiran masyarakat yang datang dari perantauan. Hari libur lebaran dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk pergi berlibur bersama keluarga dan kerabat ke tempat-tempat wisata, dan tak kalah menariknya wisata berburu.

Seperti yang terpantau di tempat wisata buru babi di Padangpariaman di hari ke kelima lebaran kali ini tampak dipadati bagi pecandu buru babi yang datang dari rantau. Meraka ingin terlibat langsung sejauh manakah keasikan dan keunikan beburu babi tersebut.

Buru Babi di Padangpariaman sangat banyak diminati para pecandu buru. Berburu adalah salah satu kebudayaan unik di Kabupaten Padangpariaman. Tradsisi ini diperkirakan sudah berlangsung turun temurun sejak abad sepuluh. Tradisi ini juga bagian dari kehidupan agraris di Sumbar.

“Berburu babi hutan di Padangpariaman berbeda dengan berburu di daerah lain. Ditempat lain mungkin untuk penyaluran hobi. Namun, diwilayah ini terikat adat,” ujar Thayu salah satu perantau yang ikut menikmati buru babi di Padangpariaman, Selasa 19/06/2018.

Mumpung masih dalam libur lebaran, kata dia, ia manfaatkan untuk menikmati berburu dengan kawan-kawan seperjuangan yang ia tinggalkan di kampung halaman.

“Sembari bersiltaturahmi dengan teman teman disaat dikampung dulu, dengan berburu ini kami saling bertemu dan becengkrama. Sehingga terjalin hubungan silaturahmi yang selama ini kami bina dalam perburuan,” kata dia.

Lain dengan Ajo Arul (45), perantau dari Jakarta menyebutkan, ia bersama keluarga sengaja membawa wisata dengan berburu. Uniknya, wisata buru ini dengan membawa anjing pemburu terlatih.

“Dengan wiisata buru babi kami membawa keluarga untuk berburu sembari olah raga dan menikmati indahnya pemandangan alam yang elok dan asri,” kata dia.

Ia mengaku selama ini waktunya banyak tersita dengan kesibukan rutinitas sehari hari dalam pergulatan hidup di perantauan. Mumpung masih dalam suasana liburan lebaran, alangkah baiknya dinikmati dengan senang hati.

Uniknya, yang berburu bukanlah manusia, tapi sejumlah anjing pemburu terlatih. Namun, tidak semua pemburu mengunakan semua jenis anjing. Sebagian besar hewan peliharaan mereka bukan anjing keturunan ras khusus.

Mereka bahkan memanfaatkan anjing hasil perkawinan silang. Meski bobot dan ukuran tubuhnya kecil yang lebih digemari karena gesit, lincah, dan mudah merawatnya. Babi justru dijadikan hobi oleh sebagian warga selain untuk menjaga hasil panen.

“Saya awalnya berburu hanya mencoba, tapi lambat laun kecanduan hingga menjadi hobi,” kata dodi salah satu pecandu buru babi.

Dipadangpariaman berburu babi sudah hari ketiga dilakukan. Pembukaan buru pertama diawali pada hari minggu 17/06/2018 kemaren, dan buru ini yang ketiga kali selama liburan lebaran. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*