Pastikan Kondisi Hewan Qur’ban, Dinas Peternakan Turunkan Personil

Padangpanjang—Guna memastikan hewan Qur’ban Lebaran Idul Adha dalam kondisi baik, Dinas Pangan dan Pertanian menurunkan petugas dan Relawan Pemeriksa hewan qurban tahun 2019.

Sebanyak 68 orang relawan yang terdiri dari 36 orang petugas teknis dari Dinas Bidang Peternakan dan Keswan, UPTD Puskeswan dan PPL dan 32 orang relawan dari mahasiswa peternakan Universitas Andalas kampus II Payakumbuh yang akan tersebar di lokasi pemotongan hewan kurban.

Relawan tersebut nanti akan melakukan pemeriksaan; 1. Anthemortem (pemeriksaan hewan qurban sebelum Pemotongan) dan 2. Postmortem (pemeriksaan setelah pemotongan). Sebelum pemeriksaan petugas diberikan pengarahan dan bimbingan teknis ilmu pemeriksaan hewan qurban secara teori dan praktek. Untuk pemeriksaan anthemortem, petugas telah turun sejak tanggal 20 Juli hingga 10 Agustus hari ini.

Hngga Jum’at (9/8) kemarin, petugas telah melakukan pemeriksaan anthemortem ( pemeriksaan sebelum pemotongan) hewan qurban sampai pukul 11.15 WIB. Data ternak yang sudah diperiksa dan yang akan di potong total sementara sebanyak 407 ekor dari 75 Masjid dan Mushalla serta lembaga lainnya di Kota Padangpanjang.

“Dari pemeriksaan oleh tim masih ada kami temukan sapi dengan umur dibawah 2 tahun secara syarat syariahnya belum cukup umur, kami menyarankan pada kondisi seperti ini untuk mengganti dengan hewan ternak lain yang telah memenuhi sarat umurnya,” ujar Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian drh.Wahidin Beruh.

Sementara hewan qurban yang telah memenuhi unsur kesehatan hewan dari hasil pemeriksaan secara klinis oleh petugas akan diberikan penandaan (pening)/ identitas nomor dengan keterangan “Telah diperiksa secara klinis layak disembelih” yang digantung pada tali leher atau tali di hidungnya.

Sedangkan untuk pemeriksaan postmortem petugas akan serentak turun ke lokasi pemotongan hewan qurban di mesjid, mushalla, lembaga lainnya pada besok (11-13/8). Dimana petugas pemeriksa hewan qurban ini dilengkapi dengan tanda pengenal, form data, dan perlengkapan untuk pemeriksaan. (ta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas