Pasukan Irak dan Milisi Syiah Berhasil Rebut Kembali Kota Nahyat Dari ISIS

Seorang pejuang milisi Syiah meluncurkan roket dalam bagian kampanye militer untuk merebut kota Tikrit dari tangan ISIS.

Seorang pejuang milisi Syiah meluncurkan roket dalam bagian kampanye militer untuk merebut kota Tikrit dari tangan ISIS.

Advertisements

Baghdad, PADANGTODAY.COM-Pasukan Irak dan milisi Syiah, Senin (9/3/2015), berhasil merebut kota Nahyat al-Alam yang terletak beberapa kilometer sebelah utara Tikrit dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Selain itu, milisi Syiah yang mendukung miilter Irak juga berhasil merebut sebagian kota al-Dour dan sebagian desa Albu Ajil di sebelah selatan kota Tikrit, kota kelahiran mantan pemimpin Irak Saddam Hussein.

Sejumlah penduduk desa Albu Ajil ditahan pasukan pemerintah dan milisi Syiah karena diduga ikut ambil bagian dalam pembunuhan para prajurit Irak di dekat kamp militer Speicher saat ISIS merebut Tikrit dan wilayah utara Irak tahun lalu.

Para pejuang milisi Syiah menggambarkan ofensif mereka ke Albu Ajil adalah pembalasan dendam atas pembantaian Speicher. Meski demikian mereka berjanji semua warga sipil di kawasan yang banyak dihuni umat Muslim Sunni itu akan diperlakukan dengan baik.

Kampanye militer untuk merebut Tikrit adalah ofensif terbesar yang pernah digelar untuk menghadapi ISIS. Jika sukses, maka ini adalah kali pertama militer dan milisi berhasil merebut sebuah kota besar dari tangan ISIS.

Kemajuan ofensif yang digelar sejak diluncurkan sepekan lalu bisa mempengaruhi jadwal dan strategi untuk sebuah operasi yang lebih besar yaitu untuk merebut kembali Mosul, kota terbesar yang dikuasai ISIS.
(reuters/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*