Paten, KTP, KK Satu Hari Siap di Limapuluh Kota

Paten, KTP, KK Satu Hari Siap di Limapuluh Kota

Paten, KTP, KK Satu Hari Siap di Limapuluh Kota

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-“Masyarakat kita sudah susah dan menderita, jangan lagi ditambah penderitaan karena masalah KK, KTP dan Akta Kelahiran.”

Penderitaan ini yang sering dirasakan masyarakat di bawah, menyangkut persoalan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi meninjau Ke Kantor Camat Pangkalan Koto Baru, baru-baru ini.

Proses pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) dan catatan sipil (capil) kini tak lagi bertumpu di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Lima Puluh Kota. Pengurusan KTP, KK, surat pindah antar nagari dan kecamatan, akta kelahiran dan akta kematian cukup dilakukan di kantor kecamatan setempat. jadi masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Dinas Capil dan menunggu sampai urusannya selesai.

“Saya minta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar menerbitkan KK, KTP dan Akta Kelahiran Satu (1) hari siap” lanjut Irfendi Arbi.

Ini sudah terbukti waktu meninjau kantor Capil beberapa waktu lalu dengan sudah diserahkan KTP bagi masyarakat yang lengkap administrasi dan persyaratan, KTP bisa siap 1 hari.

Administrasi kependudukan menyangkut hajat hidup seluruh warga negara mulai lahir hingga menemui ajalnya. Ketika lahir undang-undang mewajibkan setiap warga negara memiliki akte kelahiran yang nantinya berguna untuk memenuhi berbagai persyaratan dan kewajiban dalam berbagai aktivitas seperti bersekolah,mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), bepergian keluar negeri, mencari pekerjaan, menikah dan sebagainya.

Termasuk persoalan surat nikah, dengan menerbitkan SKB (Surat Keputusan Bersama) sebagai payung hukum bagi Pengadilan Agama untuk melakukan itsbat nikah terhadap perkawinan umat Islam yang tidak tercatat atau tidak dicatatkan pada Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama.

“Penetapan itsbat nikah oleh Pengadilan Agama antara lain bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak-anak yang lahir dari perkawinan yang tidak tercatat/dicatatkan,” lanjut Irfendi Arbi.

Ini juga sudah terlaksana di Kabupaten Limapuluh Kota, yang dilakukan di kecamatan Guguak beberapa waktu lalu, Disdukcapil, KUA dan Pengadilan Agama mengelar Nikah masal dan langsung diserahkan Buku Nikah.

Ada beberapa urusan yang dilimpahkan ke kecamatan, Izin Penggunaan Fasilitas Umum, Pengelolaan Pemondokan/Kos, Pendirian Papan Iklan /Reklame, Pemasangan Umbul-umbul, Surat Keterangan Tempat Usaha, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Surat Keterangan Bersih Lingkungan, Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan, Rekomendasi Tempat Usaha, Rekomendasi Gangguan, Rekomendasi Izin Menara dan Penelitian.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*