Payakumbuh Bentuk Kafilah Kuat, Sekdako Meminta LPTQ Lakukan Sinergisitas

Sekdako Payakumbuh H Benni Warlis

Sekdako Payakumbuh H Benni Warlis

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis, minta pengurus LPTQ Payakumbuh bersinergi dengan Kantor Kemenag,  sekolah serta perguruan tinggi yang ada di kota ini,  untuk membentuk kekuatan Kafilah Payakumbuh, guna menghadapi MTQ ke-36 Tingkat Sumatera Barat, yang akan digelar di Kota Sawahlunto, tahun 2015 ini. Kehadiran Payakumbuh pada iven MTQ itu, disampaikan Walikota Riza Falepi  DPRD, bukan sebagai pengembira, tapi harus mampu sebagai peraih gelar juara.

Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis yang dihubungi di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jum’at  (2/4), mengatakan, persiapan  menghadapi MTQ Sumatera Barat ke-36 di Sawahlunto itu, sudah dilakukan LPTQ Payakumbuh, bersama Bagian Kesra Setdako serta Kantor Kemenag Payakumbuh. Rapat persiapan pembentukan kafilah juga melibatkan  stakeholders lainnya, seperti SMA Islam swasta dan pihak pondok Alqur’an lainnya.

Menurut sekdako,  Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Asra Faber, yang baru, berjanji akan ikut dan fokus menyiapkan kafilah dengan materi yang lebih baik.  Pihak Kantor Kemenag akan menyertakan seluruh jajarannya, agar Payakumbuh mampu berprestasi lebih baik dalam iven MTQ nanti.

Seleksi qori dan qoriah Payakumbuh, harus dilakukan secara ketat. Para pemenang MTQ kecamatan, MTQ tingkat kota dan mantan qori dan qoriah sebelumnya,  akan disertakan dalam seleksi. Makin banyak peserta seleksi, makin kompetitif hasilnya.  Soal tenaga pelatih, cukup banyak tersedia di jajaran Kantor Kemenang, seperti Afriza mantan Qoriah Tingkat Nasional dan internasional Payakumbuh.

Sementara itu Kakankemenag Asra Faber menjelaskan,  untuk mencapai prestasi tidak cukup dengan agenda TC saja namun diperlukan semangat yang tinggi dari peserta. Asah terus  kemampuan diri qori dan qoriah secara Intensif,  tambahnya.

Wakil Ketua LPPTQ Syafril, S.Ag, ketika dihubungi, mengatakan, rekrutmen anggota kafilah akan dilakukan tiga tahap, dimulai 5 April hingga 19 April mendatang. Menurutnya, potensi qori dan qoriah Payakumbuh saat ini  lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Peluang Payakumbuh untuk memperbaiki peringkat dari posisi ke-11 dua tahun lalu ke papan tengah terbuka lebar.

”Tinggal lagi mengasah seluruh kemampuan anggota kafilah menjelang MTQ nanti,” sebut Syafril Sag.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*