Payakumbuh dan Riza Falepi Komit Pelayanan Publik di Sumbar

Diganjar Penghargaan Tempo Media

Jakarta, PADANG-TODAY.com-Walikota Payakumbuh Riza Falepi mendapatkan penghargaan bergengsi dari Presiden RI sebagai daerah terbaik memberikan pelayan pada masyarakatnya (publik). Penghargaan ini merupakan satu-satunya yang diraih Pemerintah Daerah Kab/Kota yang ada di Sumatera, Selasa (23/7/2019) malam.

Penghargaan sendiri diterima Wali Kota dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo di Ballroom Pullman Hotel, Jakarta.

Tahun 2015 lalu, dua tahun awal Riza menjabat sebagai Walikota Payakumbuh juga telah menyelamatkan wajah Sumbar dengan mendapatkan penghargaan Piala Adipura yang pada waktu itu tidak ada juga Pemerintah Kab/Kota yang mendapatkan.

Masyarakat Kota Payakumbuh dan Sumatera Barat perlu berbangga diri, pada waktu itu kota kebanggaan mendapatkan Piala Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup sebagai kota terbersih. Hasil ini merupakan prestasi penting akhir tahun 2015 yang telah menyelamatkan wajah Provinsi Sumatera Barat di tingkat Nasional juga.

Sosok Walikota Riza Fahlepi ini dengan kerja kerasnya, bersama Tim Organisasi Perangkat Daerahnya dan masyarakat Payakumbuh bisa mendapatkan penghargaan bergengsi di bidang pelayanan publik dan tetap menjaga kebersihan dan lingkungan hidup (Piala Adipura) tersebut telah mendatang hasil yang sempurna yang perlu ditiru oleh kota-kota lain yang ada di Sumatera Barat.

Realita lapangan mungkin tidak banyak masyarakat Sumatera Barat yang paham dengan apa itu penghargaan pelayanan publik dan Piala Adipura. karena isu beberapa tahun terakhir tidak banyak Kabupaten/Kota yang mendapatkannya. Maka perlu dijelaskan sebagaai wawasan.

Penghargan pelayanan publik terbaik adalah di mana masyarakat (publik) puas dengan kinerja dan pelayanan Pemko di segala bidang seperti pengurusan KTP, pengurusan surat-surat keterangan, penguruaan surat izin investasi, pelayanan dipukesmas atau rumah sakit dan lainnya. Sehingga dari penilain Pemerintah Pusat tersebut maka Presiden RI memberikan penghargan sebagai Kepalan Daerah dengan pelayanan publik yang prima.

Sukses Kelola Layanan Publik, Payakumbuh Raih Piala Platinum IAA 2019 dari TEMPO.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi terima Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2019 dari Tempo Media Group bekerja sama dengan Frontier Consulting Group di Jakarta, Selasa (23/7) malam. Dalam award tersebut, Kota Payakumbuh dinobatkan sebagai Pemenang Platinum (tertinggi,red) Kota Kecil kategori Pelayanan Publik.

Ketua Panitia IAA 2019, Y. Tomi Aryanto menyampaikan, keputusan Kota Payakumbuh sebagai pemenang IAA 2019 telah melalui tahap penyaringan dan pengolahan data, survei, verifikasi data hingga tahap terakhir penjurian terhadap 56 kota se Indonesia yang menjadi nomine.

“Riset ini melibatkan investor dan publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor investasi, infrastruktur, layanan publik, dan pariwisata untuk tingkat Kabupaten, Kota, dan Provinsi di seluruh Indonesia. Dan ini sudah kelima kalinya Tempo melakukan riset Indonesia Attractiveness Index,” tutur Tomi.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi bersyukur atas penghargaan yang diterima. Dikatakan penghargaan dari Tempo Group sangat berarti karena diperoleh melalui proses penjurian yanv ketat.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas penghargaan ini. Ini sangat berarti bagi kita sekaligus pengakuan akan kerja keras kita selama ini dari TEMPO Media Group yang kita tahu sangat selektif dan kredibel. Semoga menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi untuk Kota Payakumbuh,” ucapnya.

Sebelumnya, Riza Falepi sendiri telah melakukan presentasi kinerja pelayanan publiknya di hadapan dewan juri yang terdiri dari Ekonom Universitas Indonesia Prof. Dr. Martani Huseini, Handi Irawan dari Frontier, dan Bambang Harymurti dari Tempo di Gedung Tempo, Jakarta, Senin (25/6/2019) lalu.

Dalam presentasinya, Riza secara gamblang menyampaikan berbagai capaian kinerjanya dalam pelayanan publik mulai dari mempermudah perizinan, dan terobosan lainnya. Bahkan dalam waktu dekat Payakumbuh bakal meluncurkan Mal Pelayanan Publik demi kemudahan urusan dan kebutuhan masyarakat.

Tapi komitmen Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi ini mampu mempertahankan penghargaan pelayanan publik piala adipura tersebut. Hal ini dapat dilihat dari komitmen tersebut telah tertuang dalam misi ketujuh RPJMD 2017-2022, mengoptimalkan pembangunan infrastruktur pelayan publik dan fasilitas umum sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Payakumbuh.

Pada dasarnya banyak lagi langkah-langkah kongrit yang telah dan akan dilakukan oleh Riza Falepi untuk menjaga Kota Payakumbuh tetap mempertahankan penghargaan pelayanan publik dan langkah mempertahankan kebersih dan tertata dengan indahnya, walaupun secara aplikasi dilapangan akan ada tantangan tersendiri.

Ucapan terima kasih kita berikan pada Walikota Payakumbuh, Riza Fahlepi, lulusan ITB ini yang telah selamatkan wajah ranah minang di pentas Nasional. Pimpinan yang handal meneruskan keandalan Prof. Irwan Prayitno.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas