Kota Payakumbuh Kembali Terima Investment Awards 2014

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Mahendra Siregar berfoto bersama 10 walikota penerima penghargaan Invesment Award 2014, termasuk Walikota Riza Falepi,  di sebuah hotel berbintang di Jakarta, Selasa.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Mahendra Siregar berfoto bersama 10 walikota penerima penghargaan Invesment Award 2014, termasuk Walikota Riza Falepi, di sebuah hotel berbintang di Jakarta, Selasa.

Advertisements

PAYAKUMBUAH, PADANGTODAY.com-Lagi, untuk kedua kalinya Kota Payakumbuh menerima Penghargaan Investment Awards 2014. Dari 10 kota yang menerima penghargaan ini di Indonesia, hanya Payakumbuh dan Pekanbaru yang berasal dari Sumatera. Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Kota Payakumbuh, dinobatkan sebagai penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu bidang  Penanaman Modal (PTSP-PM) terbaik di Tanah Air bersama 9 kota lainnya.

Penghargaan Investment Awards itu diserahkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Mahendra Siregar, kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam acara di Flores Room Hotel Borobudur  Jakarta, Selasa (7/10). Dalam penerimaan penghargaan itu, Walikota Riza Falepi didampingi Kepala  BPM-PTSP Payakumbuh Marta Minanda, ST, MT. Saat penerimaan tampak hadir para pejabat eselon I dan II dari Kemendagri, Kemendag dan Kemenpan serta gubernur dan kepala daerah penerima penghargaan.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang dihubungi, menjelaskan, penghargaan Investment Awards  diberikan kepada provinsi, kabupaten dan kota yang telah berhasil  mengimplementasikan  Perpres Nomor  27/ 2009 tentang pelayanan terpadu satu pintu di bidang  penanaman modal.

Guna memajukan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, seluruh kota dan kabupaten di Indonesia, didorong untuk merangkul investor menanam modal. Karena itu, daerah harus mampu memberikan pelayanan dengan baik, tanpa mengenyampingkan regulasi yang ada.  Penghargaan ini, mudah-mudahan akan menambah motivasi seluruh staf di jajaran pemko untuk memberikan pelayanan terbaik kepada publik, ucapnya.

Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Kota Payakumbuh, dinilai pemerintah pusat punya komitmen tinggi   dalam pengelola investasi dan perizinan, ungkap walikota.

Sementara, menurut Kepala BPM-PTSP Marta Minanda,  penilaian  tahun ini ininicukup  cukup ketatdilakukan kepada seluruh penyelenggara  atau 552 cukup ketat, melibatkan PTSP provinsi/kota dan kabupaten. Rinciannya,  34 PTSP-PM  provinsi, 511 PTSP kota dan kabupaten,  5 PTSP kawasan perdagangan bebas, dan 2 PTSP kawasan ekonomi khusus.

Penilaiannya didahului dengan pengumpulan verifikasi data lapangan dan pemaparan di hadapan tim lintas  kementrian/lembaga dengan beberapa kriteria penilaian. Di antaranya,  kesiapan PTSP dalam dasar hukum kelembagaan,  pelimpahan kewenangan, mekanisme pelayanan (SOP), pelayanan perizinan dan non perizinan, kualitas sumber daya manusia, serta indeks kepuasan masyarakat (IKM).

Kesepuluh kota penerima penghargaan Investment Awards 2014 itu masing-masing   Bitung,  Pekanbaru, Banjar,  Semarang, Payakumbuh,  Pare-pare,  Pasuruan, Salatiga, Tarakan dan Kota Surakarta.  Dalam penilaian ini BPM-PTSP Payakumbuh sudah naik peringkat ke level bintang satu. Karena tahun 2013,  Payakumbuh bersama Tarakan (Kaltim) dan Pare-Pare (Sulsel) sukses mendapatkan penghargaan yang sama.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*