Payakumbuh Kembangkan TIK, Komitmen Inovasi Daerah Sampai Energi dan Material

Payakumbuh Kembangkan TIK, Komitmen Inovasi Daerah Sampai Energi dan Material

Payakumbuh Kembangkan TIK, Komitmen Inovasi Daerah Sampai Energi dan Material.

Jakarta, PADANG-TODAY.com–Dalam rangka mengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kota Payakumbuh, Walikota Riza Falepi tandatangani kesepakatan bersama dengan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Unggul Priyanto. Penandatanganan kerjasama berlangsung di Gedung Auditorium BPPT Lt. 3, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Kesepakatan Bersama dengan Nomor : 26/MoU/BPPT-Pemkot.Payakumbuh/07/2018 dan Nomor : 7/MoU/2018 tersebut memuat tentang Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi untuk mendukung Pembangunan Daerah Kota Payakumbuh.

Ruang lingkup kerjasama antara lain pengkajian kebijakan teknologi dan penguatan sistem inovasi daerah, pengkajian dan penerapan teknologi bidang agroindustri dan bioteknologi, bidang pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan, bidang ruang bangun dan rekayasa, serta bidang informasi, energi dan material.

“Kesepakatan bersama dengan BPPT ini merupakan tindak lanjut dari berbagai kerjasama kita dengan banyak pihak untuk mewujudkan Payakumbuh sebagai smart city. Kemarin kita MoU dengan Pemko Tangerang Selatan, hari ini dengan induknya, yaitu BPPT,” ujar Walikota Riza Falepi saat dihubungi pasca penandatangan kesepakatan bersama.

Dijelaskan Walikota, penandatangan MoU dengan BPPT merupakan tindak lanjut dari MoU sebelumnya dengan Pemko Tangerang Selatan. “Dasar pengembangan struktur data TIK di Tangerang Selatan ternyata disiapkan oleh BPPT, makanya untuk mendapatkan template atas struktur datanya, kita juga perlu MoU langsung dengan BPPT, ” terang Riza.

Sebelumnya, Walikota Payakumbuh juga telah membangun kesepakatan bersama dengan Pemko Tangerang Selatan. Kesepakatan mencakup Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Pelayanan Perizinan, Pelayanan Publik, Teknologi Informasi, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Pariwisata dan Kebudayaan, serta Pendapatan Asli Daerah.

Direncanakan, kesepakatan bersama antara Pemko Payakumbuh dengan BPPT langsung ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama.

“Insyaa Allah, Hari Kamis ini (Kamis, 19/7/18-red), akan langsung ditindaklanjuti dengan penandatangan perjanjian kerjasama antara dinas terkait yaitu Dinas Kominfo Kota Payakumbuh dengan bagian atau bidang terkait di BPPT,” pungkas Walikota Riza.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*