Payakumbuh Menuju Porprov, Haramkan Atlet Impor

PAYAKUMBUH,PADANGTODAY.COM -Kontingen Kota Payakumbuh menuju Porprov Sumatera Barat XIII/2014, di Dharmasraya, 16-26 Desember mendatang, akan berjumlah 463 atlet, pelatih dan ofisial.  Kontingen Kota Batiah ini akan mengikuti 26 dari 29 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Advertisements

Payakumbuh absen dalam cabang  gulat, panahan  dan birdge. Termasuk tiga cabang eksibisi, biliar, sepatu roda dan marching band. Seluruh atlet yang diboyong ke Dharmasraya, tak satupun atlet impor dari daerah lain. Walikota Riza, haramkan atlet yang bukan binaan cabor daerah sendiri.

Wakil Ketua KONI Payakumbuh Ostimardi dan Kadisparpora Syahnadel Khairi, dihubungi terpisah,  Minggu (12/10), membenarkan, jika atlet yang didaftarkan ke panitia Porprov Dharmasraya, di antaranya ada atlet impor. “Walikota Payakumbuh Riza Falepi, jauh hari sudah menegaskan, Payakumbuh datang dengat atlet binaan sendiri,” tegasnya mengutip walikota.

Dikatakan, Payakumbuh tidak akan membeli kemenangan dan juga  tidak pula menangisi kekalahan. Prinsip ini yang ditanamkan oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang kepada seluruh pengurus KONI dan semua cabor yang terdaftar di KONI. Membeli atlet, sama saja membohongi publik, dan tindakan tak terpuji dalam dunia olahraga, sebut kedua pembina olahraga Payakumbuh tersebut.

Dalam dua Porprov terakhir, Payakumbuh masih terpaut di papan tengah dalam perolehan medali. Pada Porprov  XI/2010, Payakumbuh menyebet  14 emas, 24 perak, dan 40 perunggu menjadi urutan ke-10. Kemudian, pada  Porprov XII/2012, Payakumbuh sukses memperbanyak torehan medali, dengan  22 emas, 24 perak dan 30 perunggu, berada di urutan kesembilan.

Menurut Ostimardi dan Syahnadel, total  463 atlet, pelatih dan ofisial itu, akan didaftarkan ke Dharmasraya, Selasa (14/10). Semua persyaratan untuk itu, sudah terpenuhi. Mereka berasal dari cabor-cabor atletik, binagara, bola basket, bola voli,  bulutangkis, balap sepeda, balap motor, dayung, catur,  judo, karate, kempo, menembak, renang, senam, sepabola, futsal, sepak takraw, silat, tinju, tarung derajat, taekwondo, terbang layang,  tenis, tenis meja, panjat tebing dan wushu.

Dikatakan, pembentukan atlet, pelatih dan ofisial itu sudah melalui seleksi yang ketat. Ditetapkan Disparpora bersama KONI, setelah mendapat masukan dari tim pembina dan monitoring yang dibentuk pemko.  Ke-26 cabor yang dikirim, diyakini punya peluang merebut medali. Payakumbuh punya target, memperbaiki peringkat dan meraup medali sebanyak-banyaknya. (malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*