Payakumbuh Terima Anugerah Dana Rakca Tahun 2016, Terbaik Keuangan Daerah

Plt Walikota Priadi Syukur, Kadis DPPKA Syafwal, Gubernur Irwan Prayitno terima Anugerah Dana Rakca 2016

Plt Walikota Priadi Syukur, Kadis DPPKA Syafwal, Gubernur Irwan Prayitno terima Anugerah Dana Rakca 2016

Advertisements

Jakarta, PADANG-TODAY.com-Kota Payakumbuh satu dari 35 daerah kota dan kabupaten serta provinsi di Indonesia, yang memiliki kinerja terbaik di bidang pengelolaan keuangan daerah, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat  di Tanah Air ini. Untuk itu, Presiden RI Joko Widodo,  memberikan  Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 untuk Kota Payakumbuh.

Kepala daerah dari ke-36 provinsi, kota dan kabupaten yang dinilai memiliki kinerja terbaik itu, diundang ke Istana Negara Jakarta, mendengar pidato Presiden RI Joko Widodo, tentang peningkatan kinerja daerah ke depan. Di Sumatera Barat yang diundang datang ke istana, hanya  Gubernur H. Irwan Prayitno, Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur dan Walikota Padang H. Mahyeldi  Ansharullah.

Untuk selanjytnya,  Anugerah Dana Rakca itu diterima Plt. Walikota H. Priadi Syukur, dari Menko Ekomomi  Darmin Nasution bersama Mendagri Tjahyo Kumolo, dalam acara di Ballroom Danaphala Kemenkeu,  Rabu (7/12). Bersama, gubernur,  walikota dan bupati lainnya di Sumatera Barat, yang menerima anugerah yang sama. Di antaranya, Limapuluh Kota, Padangpariaman dan Dharmasraya.

Atas Penganugerahan Dana Rakca 2016 itu, Pemko Payakumbuh diberi   Dana Insentif Daerah (DID) 2017, sebesar Rp50,7 M. Dana tersebut sangat membantu beban APBD 2017 Payakumbuh, yang sebelumnya dipredikasi bakal mengalami defisit lebih kurang Rp65 Miliar.

Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur, yang didampingi Kepala DPPKA Syafwal, MM, saat menerima anugerah tersebut,  mengaku sangat senang sekali dengan perolehan prestasi kota ini.    Lewat prestasi tersebut, pemerintah pusat menggaransinya dengan DID Rp50 Miliyar lebih.

Indikatornya, di antaranya, opini BPK terhadap LKPD Payakumbuh dengan WTP (wajar tanpa pengecualian), yang sudah dua kali berturut.

Kemudian, tepat waktu mengesahkan APBD, serapan dana yang cepat dan tertinggi di Sumatera Barat. Selain itu, mampu meningkatkan pelayanan dasar dibidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan, sebut Priadi Syukur dan Syafwal.

Di Indonesia ada 317 daerah yang menerima anugerah dana rakca. Meliputi 21 provinsi, 232 kabupaten dan 74 kota. Dari 317 daerah, tercatat 83 daerah dengan kategori baik. Dan 36 di antaranya, memperoleh nilai paling baik, termasuk Payakumbuh, Padang dan Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Priadi Syukur, yang juga Kadispora hasil kerja keras pemerintah kota di bawah pimpinan Walikota H. Fiza Falepi  yang tebgah menjalani cuti kampanye, dengan dukungan masyarakat sepanjang 4 tahun ini.  Selaku Plt Walikota, Priadi Syukur mengapresiasi dan akan lanjutkan kerja keras Walikota Definitif yang sedang cuti. Kerja keras Walikota dan jajaran telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan kota dan masyarakat Payakumbuh.

“Ini kebanggaan bagi kita semua. Ini kebanggaan semua masyarakat Payakumbuh. Artinya, pemerintah dan aparatur nya telah bekerja optimal didukung baik oleh masyarakat Payakumbuh,” ujar Plt Walikota Payakumbuh Priadi Syukur.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*