Payobasuang Musrenbang, Anggota DPRD Hurisna Jamhur Menampung Usulan

Sejumlah tokoh masyarakat serius mengikuti Musrenbang Kelurahan Payobasung, Senin lalu.(1)

Sejumlah tokoh masyarakat serius mengikuti Musrenbang Kelurahan Payobasung.

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Payobasung  diwarnai hujan usulan dari peserta. Tak kurang lima puluh item kegiatan diusulkan meliputi  bidang sarana prasarana, usaha ekonomi produktif dan sosial budaya. Musrenbang  berlangsung secara kekeluargaan pada senin (26/1) di Aula Kantor Lurah Payobasung  Kecamatan Payakumbuh Timur.

Banjir usulan pembangunan dalam Musrenbang kali ini diduga akibat semangat baru warga  Payobasung pasca terbentuknya kepengurusan LPM hasil Pemilu langsung yang beberapa  waktu lalu sukses dilaksanakan, jelas Lurah Payobasung, Rabu (28/1).

Tahun lalu hanya 13 item bidang sarana dan prasarana yang diusulkan sebagai hasil Musrenbang, sedangkan saat ini lebih dari 30 item sarana prasarana yang diusulkan, barangkali ini wujud meningkatkan kepedulian dan partisipasi warga membangun nagari pasca  suksesnya pemilu LPM secara langsung yang baru digelar, sebut  Irwan

Menyikapi banyaknya usulan pembangunan yang mengemuka dalam Musrenbang tersebut, Sekretaris Camat Payakumbuh Timur, Ezi Elfiwati, SE meminta masyarakat untuk realistis dalam memandang kemungkinan terkabulnya berbagai usulan tersebut.

“Kami mengharapkan agar usulan usulan kita dalam Musrenbang ini berdasarkan kepada  kebutuhan bukan keinginan. Dengan banyaknya usulan ini mudah mudahan ada beberapa  yang akan terealisir dilapangan, meski dak panuah ka ateh, mungkin panuah kabawah”, ujar  sekcam.

Salah satu tokoh masyarakat Payobasung, Risman Mansyur meminta  komitmen yang jelas dari pemerintah terhadap berbagai usulan masyarakat dalam Musrenbang. “Kami minta agar Pemda betul betul serius memperhatikan aspirasi warga kami, jangan sampai Musrenbang ini hanya sekedar formalitas saja dan menghabiskan sekian anggaran daerah, akan tetapi hasilnya tidak ada”, tukas Risman.

Dikatakan, pihaknya mengusulkan agar pemerintah kota menerapkan transparansi dalam pengelolaan aspirasi masyarakat yang lahir melalui Musrenbang agar sentimen buruk tentang  pelaksanaan Musrenbang yang sekedar formalitas semata dapat ditepis.

“Saya harap ada penjelasan dan pengumuman dari pemerintah terkait realisasi setiap  usulan warga, mana yang diakomodir mana yang belum disertai alasannya, hal itu kemudian  diumumkan secara terbuka di setiap kantor kelurahan agar warga juga memahami,” usul Ketua  LSM DIAN Payakumbuh ini.

Sementara itu, ditanya pendapatnya tentang banjir usulan warga dalam Musrenbang, Anak Nagari Payobasung yang juga Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Hurisna Jamhur, S.Pd menyatakan dukungannya terhadap berbagai usulan pembangunan tersebut.

“Kami mendukung dan akan memperjuangkannya melalui lembaga DPRD, akan tetapi karena  terbatasnya kemampuan keuangan daerah kita, saya harap warga berserta pihak kelurahan  membuat prioritas, mana kegiatan atau sarana yang betul betul dibutuhkan dan manfaatnya  dirasakan oleh sebagian besar warga Payobasung,” ujar Hurisna.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*