PDI Perjuangan Konfercab dan Konferda Sekaligus di Padang, Jumat-Sabtu

Ketua Badan Kehormatan DPRD Payakumbuh Aribus Madri

Ketua Badan Kehormatan DPRD Payakumbuh Aribus Madri

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan kini menghangat. Jumat – Sabtu (6-7/3) di Padang, akan dilaksanakan Konfercab seluruh Dewan Pimpinan Cabang Kota dan Kabupaten se-Sumbar serta dilangsungkan Konferda DPD PDI P Sumbar. Pelaksanaan Konfercab dan Konferda yang dilangsungkan dua hari ini, mekanismenya aspratif dari level bawah sampai dilaksanakan fit dan proper test atau tes kelayakan di tingkat yang lebih tinggi.

Ketua DPD PDI P Kota Payakumbuh, Aribus Madri menjelaskan mekanisme pemilihan pimpinan DPC dan DPD memang khas PDI P, berasal dari aspirasi terbawah. Misalnya, ungkap Aribus Madri yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Payakumbuh ini, sistem aspirasi untuk Ketua, Sekretaris dan Bendahara berasal dari Pengurus Ranting (DPRt) di tingkat Kelurahan, diteruskan ke Pengurus Anak Cabang di Tingkat Kecamatan.

”Kebetulan di tingkat kecamatan dengan 4 PAC kita minus Lamposi Tigo Nagori yang belum terbentuk, keempatnya, Alhamdulillah mengusulkan nama saya. Alhamdulillah. Nama-nama kader yang lain juga ada 6 lagi yang diusulkan 1 atau 2 PAC,” aku Aribus Madri.

PDI P mengumpulkan nama-nama kader tanpa membatasi usulan yang masuk. Selanjutnya nama-nama yang diusulkan ini akan diuji kelayakan di tingkat DPD. Selanjutnya, penyaringan itu akan menelurkan 3 nama yang otomatis menduduki kursi Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.

Maka, ketiga nama yang lulus di tingkat provinsi akan diserahi mandat untuk menyusun sekaligus menjadi formatur kepengurusan mendatang. Namun, jika terjadi kebuntuan penyusunan di formatur, maka sistemasi awal dikembalikan ke PAC masing-masing.

Hal ini, menurut Aribus Madri dilaksanakan juga di level Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di tingkat provinsi. Sistem di DPD naik setingkat dari level DPC. Kekhasan sistem pemilihan pimpinan di PDI P ini menjadi keunggulan tersendiri. Di tingkat DPD uji kelayakan dilaksanakan oleh DPP yang datang ke Konfercab dan Konferda di Padang, besok hari.

Bocoran yang kini terngiang di arena Konferda, nama-nama yang bermunculan di bakal calon pimpinan DPD PDI Perjuangan; Alex Indra Lukman (Ketua DPD/Anggota DPR RI), Agus Susanto (Anggota DPR RI), Yudas Sabaggalet (Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai), Bendahara DPD, Akmal Husain, dan Syahrial. Nama-nama yang bermunculan ini terdengar sampai ke Payakumbuh.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*