Pedagang Miniatur Tabut Sepi Pembeli

Miniatur Tabut Piaman

Padang-today.com__Festifal Tabut Pariaman, Sumbar yang saat ini telah menjadi agenda tahunan bagi Pemerintah Kota Pariaman. Festival ini telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu dan diperkirakan telah ada sejak abad ke-19 masehi.

Perhelatan tabuik merupakan bagian dari peringatan hari wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Hussein bin Ali yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Sejarah mencatat, Hussein beserta keluarganya wafat dalam perang di padang Karbala.

Pada hari Minggu ini 23 September 2018 ini, masayrakat Kota Pariaman dan sekitarnya kebanjiran umat yang datang langsung menyaksikan festifal tersebut. Pengunjung yang datang berjubel berasal dari daerah tetangga dan daerah lainya. Bahkan, ada beberapa touris dari negara lainya yang juga ikut nimbrung di keramaian tersebut.

Yang tak kalah penting dalam perayaan tabuik kali ini, yaitu Miniatur (soveiner) buah tangan dari pengerajin Anak Nagari Kota Pariaman yang disajikan untuk pengujung sedikit meradang.

“ Tabuik kali ini pengunjung hanya melihat Hoyak Tabuik saja. Minat untuk membeli buah tangan dari pengerajinan Anak Nagari, sperti Miniatur Tabuik dan Miniatur lainya yang berkaitan dengan prosesi Tabuik ini,” Kata Ali Amran salah satu penjual Miniatur Tabuik di Kota Pariaman, Minggu 23/09/2018.

Setiap melaksankan perayaan Tabuik, kata dia, pengujung yang akan balik kedaerah masing-masing selalu membawa buah tangan untuk sebuah kenangan dengan membeli Miniatur Tabuik.

Menurutnya, Pengunjung tanpa membawa buah tangan atau ole-ole dari Kota Pariaman pada ivent akbar ini, tidak ada yang dapat diceritakan kepada sanak saudaranya tentang festifal Tanbuik tersebut.

Ia menanbahkan, beberapa pemuda yang tergabung Anak Nagari Kota Pariaman membuat replika tabuik.  “Berbeda dengan perayaan puncak Tabuik itu sendiri, para pemuda membuat miniatur tabuik yang lebih kecil dari biasanya dan beberapa Pengerajin Anak Nagari yang ada di Kota Pariaman. Miniatur tabuik ini sekaligus untuk memeriahkan perhelatan Tabuik yang biasanya diadakan,” tandasnya menghakiri. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas