Pejabat Eselon II Kota Padangpanjang Ikuti Uji Kompetensi

Padangpanjang, Kominfo – Sebanyak 20 orang Pejabat Eselon II pada Pemerintah Kota Padangpanjang mengikuti uji Kompentensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Job FIT) di Auditorium Minang Fantasi, Rabu (12/6).

Tujuan pelaksanaan Job FIT ini yakni untuk melihat kesesuaian kompetensi dari pejabat eselon II yang bersangkutan apakah sudah sesuai dengan Jabatan yang diemban pada saat ini atau belum.

Uji kompetensi ini langsung dikoordinir oleh Panitia Seleksi (Pansel) yang diketuai Dr. Ali Asmar, M.Pd dengan anggota Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, Drs. Yohannes Dahlan, M.Si, Prof. Dr. Elwi Danil, SH, MH, dan Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM.

Ketua Pansel menjelaskan tentang point-point yang akan dikerjakan di dalam makalah berdasarkan tema yang disebutkan. Dirinya juga memberikan arahan dan masukan tentang teknik penulisan dalam makalah, serta ujian tahap awal ini dilaksanakan selama 3 jam.

“Hasilnya nanti akan keluar berupa gambaran potensi dan keahlian dari masing-masing pejabat dimaksud, sehingga hasilnya dapat dijadikan sebagai dasar dalam menempatkan yang bersangkutan pada Jabatan yang sesuai dengan bidangnya,” ujar Sekda Kota Padangpanjang Sonny Budaya Putra, AP, M.Si saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan dimaksud.

Selanjutnya Sonny juga menjelaskan bahwa hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari beberapa proses yang akan diikuti, pada tahap ini peserta yang ikut uji kompetensi ditugaskan untuk membuat sebuah makalah yang berkaitan denga apa yang menjadi Tugas Pokok dan fungsi dari pejabat yang bersangkutan. Selanjutnya 17-19 Juni 2019, para peserta akan melakukan persentasi dan wawancara.

“Dari hasil tersebut nanti, akan dilakukan penilaian oleh Panitia Seleksi (Pansel), hasilnya akan disampaikan kepada pejabat pembina Kepegawaian dalam hal ini Walikota Padangpanjang sebagai bahan rekomendasi dalam penempatan Pejabat Eselon II dimaksud pada Jabatan yang sesuai dengan kopetensi dan keahlian yang bersangkutan dan selanjutnya sesuai aturan diusulkan kepada Komisi ASN,” tambah Sonny.

Diharapkannya hasil uji kompetensi tersebut dapat ditindak lanjuti dan direalisasikan secepatnya sehingga kinerja Pemerintah Kota dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan pelayanan masyarakat terus meningkat sesuai tuntutan dan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Disamping itu Sonny juga mengatakan, bahwa jika setelah hasilnya keluar, tetapi masih ada jabatan Eselon II yang kosong, maka akan dilakukan seleksi terbuka, yang boleh diikuti oleh pejabat Eselon III yang ada. Baik dari Pemerintah Kota Padangpanjang sendiri maupun Kabupaten/Kota yang ada di Sumbar.

Sementara itu Kepala Bidang Pengadaan, Mutasi dan Kepangkatan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Yohana Lisa, S.TP, M.Si menjelaskan, pembuatan makalah yang dikerjakan hari ini berisi tentang kinerja yang dilakukan pejabat terkait selama dua tahun terakhir dan target kinerja empat tahun kedepan.

“Isi dari makalah itulah yang akan dijelaskan oleh pejabat terkait saat persentasi dan wawancara dengan Pansel,” sebut Yohana. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas