Pekan Budaya Limapuluh Kota Ditabuh, Lestarikan Budaya Untuk Jati Diri Bangsa

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Pekan Budaya Kabupaten Lima Puluh Kota resmi dibuka pada hari ini, Sabtu (13/4/2018). Dilaksanakan di Komplek Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Bukik Limau Sarilamak. Acara ini akan berlangsung dari 13 April 2017 sampai 18 April 2017. “Lestarikan Budaya Untuk Jati Diri Bangsa” menjadi tema Pekan Budaya Tahun ini.

Pembukaan Pekan Budaya kabupaten Lima Puluh Kota dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Lima Puluh Kota yang ke 177 Pada hari ini Jumat 13 April 2018 di Pekarangan Kantor Bupati Lima Puluh Kota.

Pembukaan Pekan Budaya ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh asisten pemerintahan provinsi Sumatera Barat, kepala daerah se Sumatera Barat, kepala opd, pemuka manyarakat dan undangan lainnya.

Laporan panitia pelaksana disampaikan oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, yang disampaikan oleh Kabid kebidayaan Hidwan Retta, kemudian sambutan ketua dprd Kabupaten Lima Puluh Kota Syafaruddin dt. Bandaro Rajo. Kemudian sambutan Gubernur Sumatera Barat sekaligus membuka secara resmi pekan budaya Kabupaten Lima Puluh Kota.

Hadir dalam pembukaan acara Gurbernur Sumatera Barat dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi Sumatera Barat Bapak Taufik Efendi, SE, MM, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Haris Hadis, S.Ik, MM, Unsur Forkopimda, kepala OPD se-Kabupaten Lima Puluh Kota serta tamu undangan.

Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Haris Hadis mewakili pemukulan gong tanda dibukanya acara.

Pekan Budaya dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Lima Puluh Kota yang ke-176 ini, menampilkan berbagai Stand dari OPD, Kecamatan, BUMN/BUMD, dan dari Bidang Usaha lainnya.

Untuk lebih memeriahkan Pameran ini, akan menyuguhkan beberapa cabang lomba, diantaranya Pawai Budaya, Festival Randai, Tari Minang Kreasi, Alua Pasambahan, Talempong Pacik, Qasidah Rebana, Nyanyi Pop Minang hingga Lomba Baju Kuruang Basiba.

Selain itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga mengadakan Lomba Kreasi Media, antaralain Lomba Film Cerita Pendek, Lomba Film Dokumenter, Lomba Foto dan Lomba Majalah Dinding, yang di ikuti pelajar SLTA dan SLTP se Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pemberian peghargaan terhadap peserta lomba tersebut akan dilaksanakan dalam sebuah malam anugerah yang digagas dengan nama “Anugerah Kreasi Media Kabupaten Lima Puluh Kota 2017”, yang akan dilaksanakan tepat satu hari sebelum penutupan Pekan Budaya, Rabu (26/4/2018).(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas