PEKAN DEPAN KASUS DUGAAN PERUSAKAN TERUMBU KARANG DILIMPAHKAN KE PN

Padang-today.com – Pihak kejaksaan dalam pekan depan bakal melimpahkan ke Pengadilan Negeri Padang kasus perusakan terumbu karang dengan tersangka Irwan Gea merupakan direktur PT. Sawarnadipa Wisata.
“Pelimpahan progres penanganan kasus dugaan perusakan terumbu karang oleh PT Swarnadipa.Berkas sudah di proses dan pekan depan bakal dilimpahkan,”kata Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Padang,Rusmin.
Ia menjelaskan,tersangka sudah dititipkan ke rutan Anak Aia Kecamatan Koto Tangah Padang.
“Barang bukti berupakan kano,pecahan batu karang sudah diamankan,”ungkapnya.
Dari berkas lanjut Rusmin pengelola objek wisata Suwarnadwipa, diduga menggunakan terumbu karang untuk pondasi bangunan,tempat lampu taman. “Bangunan cottage di pulua pondasi menggunakan terumbu karang,”jelasnya.
Ia menyatakan,perbuatan ini jelas merusak tumbuhan karang yang ada disekitar pulau.
Apapun alasan pengelola objek wisata Suwarnadwipa, menggunakan terumbu karang tidak dibenarkan,ini dapat merusak kehidupan laut kalau karang digunakan untuk bahan bangunan dalam hal ini penganti batu untuk pondasi bangunan.
“Perbuatan tersangka dapat dijerat Undang-undang no.31 Tahun 2004 tentang Perikanan dan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun,”jelasnya.
Kasus dugaan perusakan terumbu karang di objek wisata Pulau Swarnadipa ini merupakan hasil penyelidikan penyidik PPNS dari Dinas Kelautan Perikanan Sumbar.
terumbu karang di depan lokasi wisatanya diambil untuk bangunan dan keperluan lainnya oleh pengelola Swarnadipa.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*