Pelaksanaan Implementasi Kurikulum 2013 di Gugus 6 Sungai Tatap

 

Advertisements

Tanahdatar, PADANGTODAY.com-Dalam menyikapi pelaksanaan kurikulum 2013 kepada para guru dan siswanya ,Sekolah Dasar yang tergabung ke Gugus 6 Kecamatan Sungai Tarab melaksanakan implementasi kurikulum 2013 terhadap guru sebagai sasarannya .

Menurut Ketua gugus 6 Kecamatan Sungai Tarab Amrizal Siry Sabtu 15/11 di batusangkar ,guru harus siap melaksanakan Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum 2013 merupakan program nasional dalam satu sistem yang sama secara nasional. “Karena itu Kurikulum 2013 harus dijalankan,” katanya.

Dengan sistem ini laporan yang diberikan kepada orangtua siswa pun akan semakin bermakna. Di samping itu, setiap guru pasti akan mengetahui detail kognitif, afektif, dan psikomotorik setiap siswanya, Dengan demikian akan terbentuk siswa yang memiliki pemahaman, pengetahuan, karakter, serta keterampilan yang baik.
Pendidikan karakter yang sesungguhnya diterapkan pada setiap mata pelajaran dengan bantuan dana sejumlah Rp 6 juta dari Dinas Pendidikan untuk pelaksaan program ini.

“ Pada pelaksanaan ini terbagi menjadi 2 program yakni In dan on sedangkan pelaksanaan kegiatan di dalam program IN adalah 8 kali pertemuan disekolah inti dan dilanjutkan dengan program ON dimana kita mendampingi guru sasaran dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 kepada siswa “ujar Amrizal.

Menurutnya ,Kesiapan para guru sebagai implementator menjadi fokus utama dalam kegiatan ini karena perbedaan kurikulum 2013 ini lebih menerapkan kepada para guru agar membangun karakter para anak-anak didik, mengaktifkan anak didik agar lebih dekat kepada guru-guru pengajarnya. Sehingga para murid belajar dengan perasaan senang, gembira.

Disampaikan ,Digugus 6 Kecamatan Sungai Tarab ini SDN 14 menjadi sekolah inti sedangkan sekolah imbasnya yakni SDN02 Koto Baru ,SDN07 Kumango Utara,SDN16 Talang Dasun ,SDN 17 Lumbung Bapereng,SDN25 Lurah Ampang dan SDN26 Kumango Selatan ,sementara itu Ketua Gugus 6 yakni Amrizal Siri Sag,dan sekretaris Mardewesti SP,MM.

“Berkat kerjasama dan kesolidan dari seluruh guru di SDNgugus 6 kecamatan Sungai Tarab ini pelaksanaan pengimplementasian kurikulum 2013 ini berjalan lancar dan maksimal ,dan insya Allah dapat diterapkan semaksimal mungkin di SDN masibng-masing demi terwujudnya mutu pendidikan di Kecamatan Sungai Tarab dan Gugus 6 ini “ tambahnya. (romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*