Pelaksanaan UN 2015, Kota Pariaman Bertekad Masuk Tiga Besar Se Sumbar

Wawako Pariaman foto bersama uasi meninjau pelaksanaan UN SMP.

Wawako Pariaman foto bersama uasi meninjau pelaksanaan UN SMP.

PARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Meski pada tahun 2014 yang lalu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP se Kota Pariaman meraih peringkat enam besar se Provinsi Sumatra Barat, namun demikian pada tahun 2015 Kota Pariaman bertekat masuk tiga besar. Semua persiapan telah dilakukan siswa-siswi dan semua majelis guru masing-masing SMP se Kota Pariaman untuk mencapai target tiga besar.

“Kita jauh-jauh hari telah katakan kepada semua kepala-kepala sekolah SMP se Kota Pariaman untuk mencapai target tersebut. Kemudian kita juga jauh-jauh hari telah meminta kepada masing-masing orang tua siswa-siswi untuk mengawasi anaknya belajar di rumah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pariaman Kanderi ketika menjawab pertanyaan PADANG-TODAY.COM, kemarin.

Katanya, dalam pelaksanaan UN tingkat SMP tahun 2015 di Kota Pariaman yang tidak mengikuti 6 orang di SMP Negeri II Pariaman, 1 orang SMP Negeri 4 Pariaman, SMP Negeri 7, 1 orang, SMP Negeri 9, 1 orang dan MTs Negeri Nahdatululum 1 orang. Siswa-siswi yang tidak hadir mengikuti UN tersebut berbagai alasa.

“Tetapi, sepanjang pelaksanaan UN yang telah kita mulai semenjak senin kemarin hingga kini berjalan lancar. Kita berharap pelaksanaan UN ini sampai selesai nanti berjalan aman dan lancar. Dukungan semua orang tua murid di rumah sangat menentukan agar semua nilai siswa-siswi kita mencapai target tiga besar se Sumatra Barat,” ujarnya.

Sebelumnya, di hari pertama pelaksanaan UN, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar melakukan peninjauan ke SMP MTs Negeri se Kota Pariaman. Peninjauan tersebut didampingi anggota DPRD Kota Pariaman Hasnowelly, Kabid SLTP dan SLTA Mukti Suhendri, dan Kabag Humas Kota Pariaman Hendri.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menyatakan kunjungan ini bertujuan untuk meninjau secara langsung pelaksanaan Ujian Nasional yang secara umum berjalan dengan aman dan lancar.

“Pelaksanan UN SMP sederajat ini berlangsung selama 4 hari. Untuk hari pertama ini, ujian berlangsung aman tidak ada kekurangan mulai dari pendistribusian soal maupun masalah dari soal ujian,” ujar Genius

Kemudian dirinya berpesan kepada siswa-siswi agar ujian ini tidak menjadi momok bagi anak–anak. Anak-anak dapat melaksanakan ujian ini sambil happy dan tidak menjadi beban. “Dalam proses ujian ini, saya harapkan apa adanya. Artinya berapa nilai yang sebenarnya ya seperti itulah ditulis, karena hasilnya akan menjadi input dalam pembuatan kebijakan selanjutnya. Kalau siswa mendaptkan nilai baik, kita akan terus mepertahankan namun apabila nilai kurang baik kita akan memperbaikinya,” tegasnya.

Di hari pertama UN tersebut Wakil Walikota Pariaman Genius Umar melakukan peninjauan ke lima sekolah. Mulai dari SMP Negeri 4 Pariaman, SMPN 5 Kota Pariaman, SMPN 1 Kota Pariaman, SMPN 2 Kota Pariaman dan MTSN Pariaman Selatan.

Untuk SMPN 4 jumlah peserta ujian adalah sebanyak 227 peserta, SMPN 5 Kota Pariaman 113 siswa dan siswa titipan dari IT Mutiara 16 siswa, SMPN 1 Kota Pariaman 147 siswa yang mengikuti ujian dan siswa titipan dari 18 SMP IT Nurul Ilmi, SMPN 3 Kota Pariaman sebanyak 243 siswa, MTsN Pariaman Selatan sebanyak 221 siswa.

Sementara itu, Kabid SLTP dan SLTA Mukti Suhendri kepada POSMETRO menyebutkan, ujian nasional dilaksanakan selama 4 hari, untuk hari pertama siswa akan melaksanakan ujian Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari terakhir IPA.

“Kita berharap semua siswa-siswi menjawab smeua soal dengan teliti. Sehingga hasil yang dicapai memuaskan semua pihak. Dengan teliti menjawab semua soal para siswa-siswi kita akan berhasil menjawab. Namun demikian, kita meminta kepada semua siswa-siswi untuk belajar di rumah untuk semua mata UN kali ini,” tambahnya mengakhiri. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*