Pelatihan Usai, IKM Diharapkan Lebih Berkembang

Padangpanjang, TODAY – Business Coaching 20 Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Padangpanjang yang telah berlangsung selama empat bulan lalu sejak 25 Juni, resmi ditutup oleh Walikota Padangpanjang Fadly Amran, BBA di Hotel Flaminggo, Kamis (21/11).

Wako Fadly Amran mengatakan kegaitan yang diikuti bersama lembaga Sahabat UMKM tersebut merupakan  upaya pemerintah dalam percepatan pengembangan IKM kota berjuluk Serambi Mekkah itu melalui Rumah Wirausaha.

Demi membantu meningkatkan daya saing IKM di Kota Padangpanjang, pemerintah telah meluncurkan program unggulan melalui Rumah Wirausaha. Kehadiran program Rumah Wirausaha diyakini akan mampu meng-upgrade para wirausahawan Padangpanjang menjadi pengusaha-pengusaha yang handal.

“Melalui kerjasama yang dijalin dengan lembaga Sahabat UMKM ini, diharapkan dapat memberikan pemikiran dan kemampuan meningkatkan kepercayaan diri para pelaku usaha kita secara signifikan sebagai bekal untuk menjadi wirausahawan yang handal dan tahan banting,” ungkap Fadly.

Disamping itu, walikota mengaharapkan melalui terobosan kerjasama ini mampu mempercepat perkembangan IKM di Padangpanjang yang memiliki daya saing di tingkat lokal, nasional bahkan internasional.

Sementara itu, Sekjen Sahabat UMKM Faisal Hasan Basri mengatakan dalam pelatihan ini telah memberikan pembinaan tata kelola keuangan, logo, dan lain sebagainya. Pembinaan yang dilakukan tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para IKM untuk lebih mandiri, serta berani bersaing di pasar.

“Kami yakini dengan begitu banyak input yang didapatkan selama menjalani pelatihan, akan memberikan hasil nyata jika para pelaku usaha mampu menerapkan pengelolaan sesuai dengan sebagai mana mestinya,” ujar Faisal.

Terakhir, diberikan hadiah bagi peserta terbaik yakni Terbaik I Yozy Zulfasari dengan IKM Kunyit Asam Bundo Kanduang, Terbaik II Nofrianti dengan IKM Lawazim Bordir dan Terbaik III Deddy Efendi IKM Kripik Tempe Restu Ibu. (ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas