PEMBANGUNAN MEDIAN JALAN PROTOKOL, KAJIANNYA MATANG

KADISHUBKOMINFO Kota Payakumbuh Adrian SH MSi

KADISHUBKOMINFO Kota Payakumbuh Adrian SH MSi

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pembangunan median jalan di dua ruas jalan protokol, Jalan Sudirman dan Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh, terutama di jantung kota ini, sudah sesuai dengan ketentuan. Pembangunannya, berdasarkan koordinasi dengan SKPD terkait, dan merupakan  rekomendasi Kementerian Perhubungan RI. Rencananya, ke depan, pihak pemko juga akan memperlebar kedua ruas jalan itu, dari Simpang Benteng sampai ke Kelurahan Padang Tangah.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Adrian, SH, M.Si, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (9/12), menginformasikan,  pembangunan median itu bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas di pusat kota Payakumbuh. Karena, tanpa median jalan, banyak pelanggaran lalulintas yang berujung kepada kecelakaan lalulintas.

“Kita tak ingin,  angka kecelakaan lalulintas di kota ini, terutama di pusat kota, makin tinggi. Karena, kesadaran berlalulintas di sebagian warga kota, atau tamu-tamu yang datang ke Payakumbuh, masih lemah. Mereka seenaknya saja berbelok arah, tanpa melihat lawan,” kata walikota.

Menurut walikota, pemko tak akan  berkompromi dengan orang-orang yang tak tertib berlalulintas. Makanya, dalam pembangunan median jalan ini, sesuatu kebutuhan yang harus dilakukan. “Kita tak ingin berkompromi dengan orang-orang yang tidak tertib berlalulintas,” tegas walikota.

Soal sorotan yang disampaikan  sejumlah LSM terhadap pembangunan median jalan itu, menurut walikota sah-sah saja.  Dialam demokrasi sekarang ini, siapa saja boleh menyampaikan pendapat. Tapi, masyarakat Payakumbuh yang berpikir jernih, akan menyambut positif langkah pemko dalam membangun median jalan ini. Manfaatnya baru akan terasa, jika pembangunannya sudah rampung, dan tertib lalulintas di pusat kota semakin baik, sebut Riza.

Soal janji walikota,  bersama membangun Payakumbuh ini. Dikatakannya sudah dilakukan sejak awal ia dilantik menjadi kepala daerah. Menurut Riza, setiap pembangunan yang dilakukan di kota ini, dirancang sejak Musrenbang kelurahan, Musrenbang kecamatan dan musrenbang di tingkat kota. Kemudian, dirampungkan dalam pembahasan bersama antara pemko dengan DPRD, tambahnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika Adrian, rekayasa lalulintas yang dilakukan pihaknya, sudah melalui pengkajian yang matang. “Kita terus berpikir dinamis, bagaimana memikirkan lalulintas di kota ini dengan baik. Korrdinasi dengan pihak Polantas Polresta Payakumbuh teruis dilakukan,” katanya.

Adrian menambahkan, pihaknya juga tengah berpikir, menertibkan perpakiran dengan lahan yang sangat terbatas di pusat pasar Payakumbuh. Sementara itu, pihaknya juga disorot pemerintah pusat, agar Jalan Sudirman dan Jalan Sukarno-Hatta di pusat kota Payakumbuh, bebas dari parkir. Sebab, yang namanya jalan protokol, harus bebas dari parkir kendaraan, simpulnya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*