Pembangunan Pelabuhan Di Kecamatan Tanjung Mutiara Terus Diupayakan

 

AGAM, PADANGTODAY.com-Saat ini Agam membutuhkan dana lebih kurang Rp25 miliar untuk memulai pembangunan salah satu fasilitas pelabuhan, Breakwater dan Groin atau Pemecah Ombak pada Pembangunan pelabuhan di Kenagarian Tikuselatan Kecamatan Tanjungmutiara yang ditargetkan tuntas dalam beberapa tahun mendatang.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam, Ermanto, Senin (16/3) mengatakan, pembangunan pelabuhan Tiku akan dibangun secara bertahap menggunakan dana dari pusat dengan total dana lebih Kurang Rp100 miliar. Sejauh ini pemerintah sudah menuntaskan pembuatan maket dan amdal.

“Saat ini kita tengah berupaya mencari dana dari pusat untuk pelaksanaan pembangunan sesuai dengan perencanaan. Pada tanggal 24 sampai 27 Mei mendatang, kami akan mengadakan rapat dengan direktur Pelabuhan Kementrian Kelautan dan Perikanan di Semarang untuk membicarakan pembangunan pelabuhan,” kata Ermanto.

Ditambahkannya, pelabuhan sangat diperlukan untuk melindung kapal nelayan dari amukan ombak. Selain itu, keberadaannya akan mengerakkan sektor perekonomian dibidang kelautan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

“Kita menginginkan pembangunan pelabuhan bisa diselesaikan dengan cepat. Sebab, keberadaannya sangat diperlukan, apalagi pemerintah sangat berkomitmen mendorong perekonomian di sektor perikanan. Namun semua pihak harus bersabar karena pembangunannya membutuhkan dana yang sangat besar. Sementara Apabila dibebankan kepada APBD tentu akan mustahil,” ujarnya.

Untuk kelancaran perencanaan pembangunan pelabuhan itu, pihaknya meminta dukungan seluruh masyarakat, karena ini merupakan pekerjaan besar dan juga memiliki dapak yang luas.

Ermanto menambahkan, Sejauh ini seluruh masyarakat mendukung pembangunan pelabuhan tersebut. Mereka justru menginginkan pembangunan pelabuhan itu cepat tuntas dan bisa difungsikan, karena sektor perikanan kita sangat menjanjikan, sehingga nelayan harus didorong untuk bisa mengoptimalkan tangkapan mereka, salah satunya melalui keberadaan pelabuhan.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas