Pembangunan Tahap 1 Dermaga Ombilin Selesai

TanahDatar,PADANGTODAY.com-Pembangunan tahap pertama dermaga Ombilin Danau Singakarak telah selesai dengan alokasi dana sebesar Rp.2,8 milyar yang berasal dari APBN sedangkan pembangunan tahap kedua menelan biaya sebesar Rp 900 juta juga berhasil dari dana APBN.

Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Dishubkominfo Kabupaten Tanah Datar Ir Daryanto Sabir Msi, Selasa (3/2) di terminal Piliang Batusangkar.

Pada pembangunan dermaga tersebut, pemerintah daerah hanya memfasilitasi tempat lokasi yang ada di Jorong Ombilin Nagari Simawang Kecamatan Rambatan termasuk kepemilikan lahan milik Pemda Tanah Datar dan pembangunan darmaga tersebut sepenuhnya dibantu oleh dana APBN yang saat ini telah selesai untuk tahap pertama yaitu dalam bentuk pembuatan dermaga apung dengan pelaksanaan tetap dilakukan kementerian Perhubungan melalui Satuan kerja Dinas Perhubungan Kominfo Propinsi Sumatera Barat.

“Kita juga sangat berharap pembangunan itu akan dapat diselesaikan sesuai dengan tahap yang ditentukan dalam masa pembangunan. Karena dengan dibangunnya Darmaga ini akan dapat dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya, tentu setelah bangunan dermaga itu diserahkan kepada Pemda Tanah Datar, namun yang jelas Pembangunan dermaga Ombilin salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakart terutama untuk transportasi danau akan memberikan efek untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujar Daryanto.

Demikian pula dalam bentuk bidang kuliner yang bisa mempelancar usaha hasil pemasaran ikan bilih Danau Singkarak serta mendukung sarana pariwisata diombilin sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat khususnya Ombilin dan umumnya di Kabupaten Tanah Datar, apalagi pada tahun 2012 juga telah dibantu satu unit bus air dengan jumlah kapasitas 20 orang sehingga akan lebih mendukung pengembangan ekonomi masyarakat. (romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*