Pembelajaran Sains Berbasis Al-Quran untuk 60 Guru Raudhatul Jannah

Sekdako Benni Warlis ketika memberikan pencerahan pada kegiatan Pesantren Ramadhan di Masjid Muslimin Labuh Baru.

SekdPembelajaran Sains Berbasis Al-Quran untuk 60 Guru Raudhatul Jannahako Benni Warlis ketika memberikan pencerahan pada kegiatan Pesantren Ramadhan di Masjid Muslimin Labuh Baru.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Sebanyak 60 guru  pendidikan agama Islam, matematika, biologi, kimia dan fisika di seluruh tingkat pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh, menjalani kegiatan   workshop dengan tema Pembelajaran Sain Berbasis Al-Quran di Sekolah, Sabtu (15/10).

Workshop satu hari tersebut menghadirkan nara sumber Agus Purwanto, D.Sc yang merupakan Dosen ITS Surabaya yang juga pembicara Internasional dalam bidang sains berbasis Al-Quran.

Dalam workshop ini, Agus memaparkan secara terperinci tentang bagaimana mengimplementasikan konten Al-Quran dalam setiap bidang sains. Ia juga menyebutkan betapa memprihatinkan pendidikan di Indonesia yang pada umumnya hanya mengutamaan keilmuan, tanpa menyertakan nilai-nilai Al-Quran di dalamnya.

“Padahal seluruh dasar ilmu pengetahuan sudah dijelaskan di dalam Al-Quran. Tinggal bagaimana seorang guru berupaya untuk menggali Al-Quran lebih dalam,” sebutnya.

Ketua YPI RJ, Ultra melaporkan, ke depan pihak yayasan juga meningkatkan   pengembangan sistem pembelajaran berbasis nilai Al-Quran itu. Seluruh guru, secara bergantian akan dilibatkan dalam seminar lanjutan tentang Sains berbasis Al-Quran, di manapun diadakan di tingkat nasional atau tingkat internasional.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas