Pembukaan Berjalan Lancar, Bagodang Dimeriahkan dengan Lomba Busana Daerah

Lomba Busana Daerah, Bagodang Payakumbuh 2016, Rabu (19/10).

Lomba Busana Daerah, Bagodang Payakumbuh 2016, Rabu (19/10).

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Usai dilaksanakan pembukaan pada pagi harinya, gelaran Bagodang, Payakumbuh Baralek Godang 2016 dilanjutkan dengan kemeriahan beragam lomba dan pameran. Usai jeda istirahat, shalat dan makan, Bagodang 2016 di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah ini disambung dengan Lomba Peragaan Busana Daerah, Rabu (19/10).

Sebagai peserta dalam Lomba Peragaan Busana Daerah itu adalah para peserta didik tingkat TK dan SD se-Kota Payakumbuh. Dibagi dalam 2 (dua kategori, para peserta TK dan SD yang terdiri dari laki-laki dan perempuan itu satu per satu melangkah di atas catwalk. Beberapa tampak senang, sementara satu-dua lainnya masih kaku berjalan di atas panggung beralaskan karpet merah tersebut.

Sesekali ibu-ibu tim penilai Lomba Peragaan Busana Daerah tersebut mengarahkan peserta agar sesuai dengan kriteria penilaian.

Ketua Dekranasda Payakumbuh Henny Riza Falepi hadiri Lomba Busana Daerah, Bagodang Payakumbuh 2016, Rabu (19/10).

Ketua Dekranasda Payakumbuh Henny Riza Falepi hadiri Lomba Busana Daerah, Bagodang Payakumbuh 2016, Rabu (19/10).

Tampak hadir dalam lomba tersebut, Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Ibu Henny Riza Falepi. Ketua Dekranasda beserta para tamu dan seluruh peserta dan penonton tampak larut dalam keceriaan peserta anak-anak dalam memeragakan busana daerah yang dikenakan. Ekspresi senang dan bangga dari orang tua peserta juga terlihat dengan jelas.

Di Panggung 2 (dua) di lokasi Bagodang Payakumbuh 2016, turut dihelat Lomba Pidato Adat. Sebagai peserta dalam lomba ini, terdiri atas kategori SMP/MTs, serta SMA/SMK/MA se-Kota Payakumbuh. Di Panggung 2 yang berdekatan dengan lokasi pameran ini tidak kalah seru. Para peserta unjuk gigi dalam menyampaikan petuah-petuah adat dan pesan-pesan moral dalam pidatonya.

Diagendakan, pada Rabu malam di hari yang sama, gelaran Bagodang Payakumbuh 2016 akan disambung dengan Festival Saluang Dendang Tingkat Sumbar. Festival saluang ini akan dilaksanakan pukul 20.00 di Panggung II Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah.(Dodi Syahputra/Novaldi Herman)

Kemeriahan Lomba Busana Daerah, Bagodang Payakumbuh 2016, Rabu (19/10).

Kemeriahan Lomba Busana Daerah, Bagodang Payakumbuh 2016, Rabu (19/10).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas