Pemda dan Kemenag Limapuluh Kota Persiapkan Pemulangan Jamaah Haji

Pemda dan Kemenag Limapuluh Kota Persiapkan Pemulangan Jamaah Haji

Pemda dan Kemenag Limapuluh Kota Persiapkan Pemulangan Jamaah Haji

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama Limapuluh Kota terus melakukan berbagai rangkaian persiapan pemulangan jamaah haji yang direncanakan sampai di Limapuluh Kota pada hari Jumat (30/9) yang akan datang.

Seperti terlihat pada rapat koordinasi persiapan pemulangan jamaah haji yang berlangusung di Alua VIP Kemenag Limapuluh Kota (22/9). Rapat dihadiri oleh Kapolres, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungann, Sapol PP, Bagian Kesra, BagianUmum, serta jajaran Kemenag.

Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Limapuluh Kota Gusman Piliang, menjelaskan bahwa banyak hal yang perlu dievaluasi dari kegiatan pemulangan jamaah haji tersebut. Hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan layanan kepada jamaah haji.

“Kita tentu sangat memahami kondisi psikologis jamaah haji yang baru sampai di kampung halamanya, perasan euforia, rindu dan emosi lainya tentu menjadi bagian dari tantangan para petugas kita nantinya. Oleh sebab itu kepada seluruh petugas yang terlibat saya berharap agar sabar dan ikhlas dalam melayani jamaah haji kita tersebut,” terang Gusman.

Ditambahkannya, kerja petugas ke depan bukan hanya sekadar tugas Negara yang dijalankan, lebih  dari itu, merupakan ladang amal bagi semuanya.

“Kepada Pemerintah Daerah dan jajaranya, saya atas nama pimpinan menyampaikan apresiasi, serta rasa bangga atas kerjasama selama ini, ke depannya saya berharap kerjasama tersebut dapat kita tingkatkan lagi,” pungkas alumni MAN Padang Japang ini.

Kasi PHU Kemenag Limapuluh Kota Dawizar dalam konferensi persnya menyampaikan, jamaah haji Limapuluh Kota yang tergabung dalam kloter 9 direncanakan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) hari Jumat (30/9) pukul 05.025 WIB.

Diperkirakan pukul 07.55 WIB 186 Jamaah Haji Limapuluh Kota tersebut sudah sampai di Asrama haji dan bersiap untuk diberangkatkan ke daerah dengan mengunakan 5 bus pariwisata.

“Kita akan mengusahakan dua orang petugas untuk setiap bus, petugas tersebut diharapkan dapat membantu jamaah, mohon kepada petugas yang di bus nantinya untuk mengarahkan jamaah menuju bus sesuai dengan peruntukan masing-masing, ini hal kecil namun sangat menentukan kelancaran proses pemulangan nantinya,” simpul Dawizar.

Karespi Kepala Bagian Kesra Kabupaten Limapuluh Kota menjelaskan, bahwa berbagai persiapan pemulangan jamaah haji telah dilakukan. Ia berharap, proses pemulangan tersebut berjalan dengan lancar, amam dan tertib.

“Kita tentu perlu berkaca dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya, mana yang kurang akan kita perbaiki, mana yang baik akan kita tingkatkan lagi. Saya yakin, kita semua memiliki komitmen yang sama untuk memberikan layan terbaik bagi warga kita yang tahun ini menjalankan rukun Islam yang ke lima,” tutup pemerhati pendidikan ini.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas