Pemda Tanah Datar Libatkan Tungku Tigo Sajarang dan Tali Tigo Sapilin Dalam Upaya Perlindungan Anak dan Perempuan

Ket gambar Seminar Peningkatan Peranan Tungku Tigo Sajarang dan Tali Tigo Sapilin dalam rangka pelestarian Adat basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah .

Seminar Peningkatan Peranan Tungku Tigo Sajarang dan Tali Tigo Sapilin dalam rangka pelestarian Adat basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah .

Advertisements

Tanah Datra, PADANGTODAY.com-Kamis (4/12) Seminar Peningkatan Peranan Tungku Tigo Sajarang dan Tali Tigo Sapilin dalam rangka pelestarian Adat basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK) bertempat di aula Islamic Center Pagaruyung. Acara dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Ketua LKAM Tanah Datar, Anggota DPRD Tanah Datar, Kadis Budparpora Marwan, Pengurus MUI Tanah Datar, Bundo Kanduang dan Ketua KAN se Tanah Datar.

Dalam pembukaan acara Irdinansyah menyampaikan harapan harapan dalam sambutannya. “Kami atas nama pemerintah Tanah Datar mengharapkan kepada pemangku adat dan agama untuk melakukan upaya yang terpadu terhadap pengawasan anak dan hak perempuan, kita sangat prihatinan dan khawatir terhadap kondisi Tanah Datar, yang akhir-akhir ini sering terjadi goncangan fenomena social, berdasarkan laporan dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Luak Nan Tuo sampai akhir November 2014 telah terjadi 52 kasus dengan jumlah 69 korban orang terdiri dari anak anak dan perempuan”, ucap Irdinansyah.

Gelaran acara ini di harapkan nanti para peserta pada acara ini dapat menemukan dan mencari solusi dalam permasalahan yang marak terjadi saat ini, upaya yang terpadu terhadap pengawasan anak dan melahirkan program-program yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab semua pihak untuk menghentikan dan tidak mentolerir segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak, sehingga kelak semua upaya tersebut di atas dapat di rumuskan bersama-antara Pemda Tanah Datar dengan pemangku adat dan agama di luhak nan tuo ini.

Disamping itu pemda juga menghimbau kepada MUI Tanah Datar untuk membuat surat edaran kepada seluruh Dai, Penceramah, Khatib agar pada pertemuan khotbah ataupun ceramah agar memberikan pencerahan dan arahan kepada masyarakat yang bertemakan zina dan fenomena social dalam rangka meningkatkan imtaq masyarakat khususnya Tanah Datar. (h/romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*