Pemerintah Menargetkan Usia 100 Tahun Indonesia Harus Jadi Negara Maju Dengan Pendapatan Perkapita 10.000 Dollar AS

Dollar AS.

Dollar AS.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, pemerintah memiliki sasaran ekonomi jangka panjang yang sederhana. Pemerintah menargetkan pada usia 100 tahun, Indonesia harus sudah menjadi negara maju dengan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia mencapai 10.000 dollar AS.

“Saat itu komponen maritim harus sudah besar lah sumbangannya (pada PDB),” ujar Indroyono di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Untuk mewujudkan itu, Kemenko Maritim kata dia sudah memiliki empat fokus utama yaitu memperkuat kedaulatan maritim, meningkatkan sumberdaya maritim termasuk pariwisata, meningkatkan pembangunan infrastruktur maritim, dan berusaha mewujudkan bangsa Indonesia menjadi bangsa bahari.

Sementara itu, untuk target jangka pendek, pemerintah sudah memiliki target pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen. Dia sangat yakin dengan berbagai kebijakan pemerintah terutama disektor maritim seperti pembangunan tol laut akan membuat ekonomi Indonesia terkerek.

“Sasarannya sederhana, ya dalam 5 tahun ini pertumbuhan ekonomi bisa 7 persen,” kata dia.

(Yoga Sukmana/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*