Pemerintah Padangpanjang dan Negeri Sembilan Gagas Kerjasama

Padangpanjang- Kunjungan kerja Walikota Padangpanjang H. Fadly Amran, BBA bersama Kerapatan Adat Nagari (KAN), Pj. Sekda Martoni, S.Sos, M.Si, Kepala Bappeda Sonny Budaya Putra, AP,M.Si, Kepala Disdikpora Dr. Desmon,M.Pd, Pimpinan Cabang Bank Nagari Padangpanjang Zulhendri dan rombongan lainnya ke Negeri Sembilan Malaysia mendapat sambutan hangat dari Pemerintahan disana.

Rombongan dari Padangpanjang disambut dan diterima langsung oleh Yang Dipertuan Majelis Perbandaran Seremban (MPS) Yab Dato Zazali Bin Salehuddin, Menteri Besar Negeri Sembilan Yab H. Aminuddin Bin Harun serta Presiden Majlis Belia Malaysia (MBM) sejenis KNPI nya di Indonesia Jufitri Bin Joha.

Dari pembicaraan kedua belah pihak telah digagas kerjasama dalam berbagai bidang diantaranya Bidang Adat dan Kebudayaan, Kepemudaan, Pendidikan dan Pariwisata. Fadly menyampaikan kerjasama ini dibuat agar Padangpanjang dan Negeri Sembilan semakin dekat dan maju diberbagai bidang.

“Budaya dan adat yang ada disini tidak jauh berbeda dengan Padangpanjang karena adat dan budaya disini sangat kental, banyak tradisi-tradisi yang ditampilkan dan masih ada sampai saat ini, seperti saat kami datang disambut dengan tari-tarian minang, randai bahkan bahasanya pun masih bahasa minang”, ujar Fadly sambil bercerita, Rabu (13/3).

Fadly mengatakan, hal lain yang juga sangat bermanfaat yang dapat ditiru yakni mengenai pelestarian nilai-nilai budaya dan tradisi yang masih berkembang cukup baik di Negeri Sembilan ini, salah satunya ditandai dengan adanya museum kebudayaan.

“Ini sangat memberikan motivasi dan masukan bagi Pemerintah Kota Padangpanjang, terlebih lagi Padangpanjang saat ini sedang melakukan penelitian tentang peningkatan kehidupan banagari yang nantinya direncanakan akan diwujudkan melalui sebuah kebijakan berupa Peraturan Daerah (Perda),” kata Fadly.

Pada kesempatan tersebut, sebut Fadly, Pemerintah Negeri Sembilan Seremban dan Majelis Muda Belia juga berniat untuk melakukan kunjungan balasan ke Kota Padangpanjang. “Berada disini serasa berada ditanah minang seperti di kampung kita sendiri,” ujar Fadly.

Tidak hanya itu, Fadly juga mengadakan penandatanganan kesepakatan dengan tiga KAN yang ada di Padangpanjang. Seluruh KAN yang ada di Kota Padangpanjang mendukung visi misi Walikota dan Wakil Walikota Padangpanjang mulai dari pemanfaatan aset nagari termasuk segera membuat Perda Nagari.

Kesepakatan tersebut dilaksanakan langsung di Masjid Putra Jaya Malaysia yang merupakan masjid pusat pemerintahan dan kerajaan Malaysia dan tentu saja hal ini menjadi suatu sejarah bagi Padangpanjang.

“Alhamdulillah saya telah melakukan kesepakatan dengan tiga KAN yang ada di Padangpanjang dimana kesepakatan ini semata-mata hanyalah untuk mewujudkan dan membangun Kota Padangpanjang yang bermarwah dan bermartabat,” jelas Fadly.

Lebih lanjut Fadly mengatakan, “Inilah adalah awalan yang sama-sama diharapkan dan Inshaa Allah akan dipersembahkan seutuhnya untuk masyarakat Padangpanjang,” tegas Fadly. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas