Pemerintah Pastikan Volume Premium Disediakan Pertamina Tidak Berkurang

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Pemerintah memastikan volume Premium yang disediakan PT Pertamina (Persero) tidak berkurang, seiring dengan diluncurkannya produk bahan bakar minyak (BBM) Pertalite.

“Kuotanya tidak akan berubah sama sekali,” tegas Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Pudja, Jakarta, Senin (20/4/2015).

Wiratmaja menegaskan, kendati Pertamina merilis Pertalite, namun Premium tetap akan disediakan oleh BUMN minyak itu.

Ia menyebutkan, adanya varian baru BBM dengan kualitas di antara Pertamax dan Permium ini cukup bagus bagi konsumen.

“Premium tetap akan disediakan Pertamina. Premium penugasan untuk di luar Jawa-Madura-Bali. Dan Premium umum akan tetap dijual untuk wilayah Jawa-Madura-Bali,” kata dia.

Saat ini, Pertalite tengah dalam pengujian. Jika hasilnya uji Pertalite memenuhi standar kualitas sesuai standar Keputusan Direktur Jenderal Migas No. 313.K, untuk selanjutnya Pertamina akan mengusulkan izin edarnya.

Menurut dia proses perizinannya tidak akan membutuhkan waktu lama. Sebab, perizinan yang diperlukan Pertamina hanyalah izin untuk produk baru. Pertamina sudah memiliki izin usaha BBM.

“Satu minggu seharusnya sudah selesai. Tapi tetap hasil uji di LEMIGAS (Pusat Penelitian dan Teknologi Minyak dan Gas Bumi) itu menjadi faktor penting,” katanya.

(es/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*