Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla Telah Menambah Pembebasan Visa

Persiden dan wakil presiden

Persiden dan wakil presiden

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla telah menambah pembebasan visa kepada sejumlah negara guna meningkatkan pariwisata nasional. Hal tersebut juga menjadi salah satu paket ekonomi yang bakal diteken Presiden Jokowi hari ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pemerintah menambah pembebasan visa untuk empat negara yaitu Jepang, Korea Selatan, Rusia dan Jepang. Keputusan merupakan perluasan pembebasan visa yang sudah diberlakukan pemerintah bagi turis asal Myanmar, Brunei Darussalam, Filipina, Hong Kong Special Administration Region (Hong Kong SAR), Malaysia, Singapura, Makau Special Administration Region (Makau SAR), Vietnam, Ekuador, Kamboja, Laos, Cile, Maroko, Peru, dan Thailand.

“Namun, Australia belum kita terapkan. Kita menganut asas resiprokal. Kalau kita memberikan bebas visa, harusnya negara yang bersangkutan juga melakukan hal yang sama. Tetapi Australia tidak, jadinya tidak masuk,” ujar Arief di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (16/3).

Walaupun begitu, Indonesia masih kalah dari negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia dan Thailand untuk urusan pembebasan visa. Malaysia telah membebaskan visa untuk 164 negara dan Thailand telah mencapai 54 negara.

Oleh karena itu, pemerintah menargetkan akan menambah pembebasan visa hingga mencapai 40 negara. Sementara itu, Arief menambahkan pembebasan visa ini bertujuan meningkatkan pariwisata nasional. Dia menargetkan pembebasan visa ini dapat menggenjot kunjungan wisatawan hingga 15 persen.

“Mulai berlaku secepatnya. Nanti diumumkan, sore diumumkan Pak Presiden,” pungkas dia.

(bim/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*