Pemilih Pilpres Merosot Dibanding Pileg Di Jabar

PEMILUPADANGTODAY.com – Partisipasi pemilihan di Jabar pada Pilpres 9 Juli 2014 merosot dibandingkan Pileg pada April lalu. Dari sekitar 33.821.378 daftar pemilih tetap (DPT) hanya 70,93 persen yang menggunakan hak pilihnya. Padahal Pileg lalu partisipasi ada di kisaran 73 persen.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, menyebut ada beberapa faktor menjadi penyebab merosotnya partisipasi pemilih di provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia ini.

“Pertama yang kami tahu adalah mereka pada saat pencoblosan disibukkan dengan aktivitas bisnis. Sehingga mereka ada yang keluar daerah dan tidak ikut nyoblos. Catatan kami partisipasi sekarang hanya 70,93 persen,” kata Yayat di Kantor KPU Jabar, Sabtu (19/7).

Selanjutnya adalah, sikap politik setiap orang sehingga tidak menyuarakan aspirasi politik pada Pilpres 2014 ini. Dia menambahkan, bahwa itu adalah hak setiap orang. “Itu memang sikap politik dari individu,” terangnya.

Dia membantah, KPU selaku penyelenggara minim sosialisasi hajat demokrasi terakbar ini. Wara-wari penyelenggaraan Pilpres bahkan sudah lama sebelum Pileg April lalu berlangsung.

“Saya kira KPU sudah maksimal dan sudah lama juga mensosialisasikan,” terangnya.

Untuk hasil rekapitulasi Pilpres 2014 di tingkat provinsi Jawa Barat, pasangan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa meraih 59,78 persen. Adapun pesaingnya Jokowi – Jusuf Kalla hanya meraih 40,22 persen.

(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas