Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh 2015 Digeber 14-18 Oktober

LOGO UDA UNIPayakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kekayaan akan keragaman adat-istiadat dan budaya serta pemandangan alam yang menawan di Kota Payakumbuh diwujudkan dalam bentuk berbagai kegiatan promosi wisata. Salah satu yang teranyar, segera akan digeber Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh 2015, pada 14-18 Oktober.

”Kita tujukan kegiatan Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh 2015 ini untuk mendidik masyarakat Kota Payakumbuh untuk sadar wisata dan mampu berperan aktif dalam pengembangan pariwisata di Payakumbuh. Khusus untuk generasi muda, kita adakan kegiatan ini kembali di tahun 2015,” ujar Kadisparpora Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi didampingi Kabid Pariwisata Atur Satria dan Kasi Kebudayaan Nirdawati di kantornya, Selasa (13/10).

Sebanyak 10 orang Uda, dan 24 orang Uni terdaftar dan masuk sebagai peserta. Nirdawati menginformasikan, bahwa untuk tahun 2015 ini jumlah peminat meningkat tinggi. Para peserta akan dikarantina di Hotel Bundo Kanduang Kota Payakumbuh, mulai masuk Rabu (14/10) dan digelar malam Grand Final di GOR M Yamin Kota Payakumbuh, Minggu (18/10).

”Jika tidak kita batasi, bisa sampai 72 peserta,” ujar Nirdawati yang juga pembina sanggar tari Minangkabau ini.

IKON WISATA

Uda Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh merupakan suatu ikon generasi muda Kota Payakumbuh. Uda Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh berdedikasi terhadap daerah. Uda Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh tidak hanya memiliki keunggulan pada fisik semata, tetapi juga menguasai adat istiadat dan kebudayaan Kota Payakumbuh, khususnya Minangkabau.

Peserta harus menguasai tentang pariwisata yang ada di Kota Payakumbuh dan mampu menjadi representasi generasi muda yang cerdas dan berbudaya di Kota Payakumbuh maupun nasional.

Pemilihan Uda Uni Kota Payakumbuh ini juga bentuk pengakaran kembali Budaya Minangkabau dan merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan promosi pariwisata di Kota Payakumbuh yang menyajikan atraksi menarik, baik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selanjutnya, sebagai Uda dan Uni Kota Payakumbuh terpilih, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka pembinaan dan promosi pariwisata secara aktif bagi Kota Payakumbuh sebagai daerah tujuan wisata.

Disamping kegiatan Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh 2015, juga dilaksanakan Pemilihan Baju Typologi yang akan diikuti oleh siswa dan siswi SMA/SMK/sederajat se-Kota Payakumbuh. Baju Typologi ini berasal dari barang-barang bekas yang bisa dimanfaatkan. Dengan diadakannya Pemilihan Baju Typologi ini diharapkan generasi muda mampu memanfaatkan barang-barang bekas sebagai sesuatu yang layak dan bermanfaat.

Mengusung tema, ”Mari Kita Wujudkan dan Perkokoh Pelestarian Adat Budaya Melalui Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kota Payakumbuh Tahun 2015.” Kegiatan ini ditujukan, memilih generasi muda Kota Payakumbuh sebagai Duta Wisata Kota Payakumbuh yang mewakili dan berperan aktif dalam promosi pariwisata di Kota Payakumbuh.

Memilih generasi muda yang cerdas dan mampu menjadi ikon generasi muda Minangkabau dalam acara resmi Pemerintahan, terkait keterlibatan untuk mempromosikan Kota Payakumbuh di dalam Kota, Provinsi maupun nasional. Memicu apresiasi serta minat generasi muda Kota Payakumbuh terhadap seni dan budaya Minangkabau.

Lalu, menjadikan kegiatan Pemilihan Uda Uni Kota Payakumbuh sebagai sarana pengembangan bakat, kemampuan dan kreativitas generasi muda untuk menumbuhkan rasa cinta pada tanah air dengan mempertebal nila-nilai budaya. Sebagai daya tarik wisata dalam kaitannya mewujudkan Kota Payakumbuh sebagai kota pariwisata dan budaya.(dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas