Pemilu Usai, Pilkada Pessel Menanti

 

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan telah mempersipakan tahapan untuk Pilkada 2020.

“Pemilihan umum telah usai digelar, pilkada 2020 sudah menanti. Saat ini pihaknya persiapkan tahap pemilihan Bupati dan wakil bupati Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2020,”kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Epaldi Bahar saat dihubungi.

Ia menjelaskan, UU Pilkada mengatur bahwa Pemungutan suara serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota hasil pemilihan tahun 2015 dilaksanakan pada bulan September tahun 2020.

Secara teknis untuk pelaksanaan tahapan pilkada serentak akan dimulai bulan September tahun 2020. Namun begitu, KPU Daerah masih menunggu intruksi pasti dari KPU Pusat.Dan untuk anggaran pelaksanaan Pilkada di Pessel, kita sedang bahas.

“Tanggal dan teknis lainya Pilkada masih menunggu dari KPU Pusat,” jelas Epaldi Bahar.

   Epaldi Bahar menambahkan, Calon Bupati dan Wakil Bupati dapat didaftarkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik atau  melalui jalur Calon Peserorangan.

Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dapat mendaftarkan Pasangan Calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu Anggota DPRD di daerah yang bersangkutan.

“Hanya berlaku untuk Partai Politik yang memperoleh kursi di DPRD,”ujar dia.

    Bila melalui jalur perseorangan,untuk kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada Daftar Pemilih Tetap lebih dari 250.000 sampai dengan 500.000 jiwa harus didukung paling sedikit 8,5 persen penduduk.

“Dukungan dibuat dalam bentuk surat dukungan yang disertai dengan fotokopi KTP Elektronik. Pemilih di DPT Pessel pada Pemilu 2019  sebanyak 331.260 jiwa,”jelas Epaldi Bahar.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas