Pemkab Agam Koordinasi Dengan Pihak Provinsi Terkait Solusi Penggantian Jalur Jalan Palembayan

Tiga Siswa SD Agam berjalankaki kesekolah karena jalan menuju sekolah terkena Longsor.

Tiga Siswa SD Agam berjalankaki kesekolah karena jalan menuju sekolah terkena Longsor.

AGAM, PADANGTODAY.com-Pemerintah Kabupaten Agam terus berupaya untuk mencarikan solusi penggantian jalan Palembayan menuju Matur, tepatnya di Jorong Marambuang yang telah rusak akibat bencana alam tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu. Komitmen Pemkab Agam untuk membantu warga Palembayan tersebut dilakukan dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk mencarikan solusi dan langkah-langkah untuk jangka pendek maupun jangka panjang, karena jalan tersebut termasuk jalan provinsi, sehingga solusi yang dicari harus dilakukan bersama-sama.

Menurut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Agam Ir. Isman Imran didampingi Kepala DPU Agam Yunaldi bersama Kepala Dishubkominfo Agam Maryanis mengatakan, pengalihan jalan longsor tersebut melalui dua jalan alternatif menuju Palembayan-Bukit Sakura-Matur sejauh 6 Km dan Palembayan-Bukit Sakura-Lawang sejauh 15 km, perlu dilakukan kajian bersama tim istansi terkait seperti Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kehutanan dan lainnya.

“Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Evaluasi Bencana Geologi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, dalam suratnya nomor :545/296/GEO/DESDM/2015 tertanggal 31 Maret 2015 dijelaskan bahwa jalan longsor itu berada di zona Sesar Besar Sumatera dari sekmen Sianok yang merupakan tanah labil, disamping kemiringan lerengnya yang cukup terjal, sehingga material mudah bergerak, tidak ada vegetasi penutup yang berakar kuat dan dalam. ditambah tata guna lahan yang tidak sesuai dengan kondisi tanah dan batuan, serta kondisi jalan yang longsor itu, memiliki kandungan tanah tufah dan andesit yang berpasir putih jika jenuh air bersifat mengembang dan mudah bergerak maka akan terjadi longsoran lagi,” jelas Isman Imran.

Ditambahkannya, untuk jalan baru dari Palembayan menuju Bukit Sakura ke Matur perlu dilakukan survei teknis lagi dan dibicarakan dengan tim Provinsi dan lainnya, karena perhatian Pemkab Agam terhadap kondisi masyarakat sangatlah besar serta perlu dukungan penuh dari masyarakat Palembayan.

“Oleh karena itu perlu segera dilakukan pendalaman dan koordinasi dengan Provinsi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kabupaten Agam, Yunaldi, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas PU Provinsi Sumatera Barat dalam mencari solusi tentang pengalihan jalan.

“Untuk sementara jalan alternatif yang bisa digunakan mulai dari Palembayan ke simpang Patai menuju Bukittingi,” katanya.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas