Pemkab Agam Raih Penghargaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Award

Agam, PADANG-TODAY.com-Pemerintah Kabupaten Agam kembali menorehkan sebuah penghargaan ditingkat nasional. Kali ini penghargaan yang diraih yakni tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Award dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang langsung diserahkan Menteri Kesehatan Republik Indonesia RI Prof. dr. Nila F. Moeloek kepada Bupati Agam Indra Catri, di ruangan siwa besi lantai II Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (1/9).

Saat menerima penghargaan itu, Bupati Agam Indra Catri didampingi langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dr. Indra MPPM.

Pada kesempatan itu, Bupati Agam Indra Catri mengucapkan terimakasih kepada jajaran kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mendapatkan kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan motto tidak ada masyarakat yang sakit yang tidak terobati.

“Mudah-mudahan kedepannya derajat kesehatan di Kabupaten Agam meningkat setiap tahunnya,” harap bupati.

Adapun jumlah masyarakat Kabupaten Agam yang mendapatkan Kartu Jamkesda sebanyak 120.432 Jiwa. Saat ini, peserta jamkesda Agam yang terbanyak jumlahnya dibandingkan dengan Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat.

Bupati menjelaskan, kegiatan Jamkesda di Agam diawali atau dirintis dari kegiatan bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu dengan mengalokasikan APBD Kabupaten untuk membayar premi Jamkesda, selanjutnya dikembangkan dengan Jamkesda mandiri yang dipromosikan secara bersama-sama dan dikelola oleh Dinas Kesehatan, Dinas Koperindag, BAZ dan semua Dinas yang di Pemerintah Kabupaten Agam.

“Bagi masyarakat yang mempunyai Kartu Jamkesda akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara Gratis mulai dari Pelayanan Kesehatan tingkat Pertama sampai ke Pelayanan tingkat lanjutan,” kata bupati.

Untuk dana jamkesda ini merupakan dana sharing dengan Jamkesda Sakato Propinsi Sumatera Barat, dengan besaran porsi Kabupaten 40 persen dan Propinsi Sumatera Barat 60 persen dan itu telah terlaksana dengan baik selama ini.

“Bagi masyarakat yang belum mempunyai jaminan kesehatan agar mendaftarkan diri, keluarga dan karyawan menjadi peserta BPJS Kesehatan,” kata bupati.

Bupati Agam menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan diri, anak-anak dan keluarga agar terhindar dari berbagai penyakit sehingga kabupaten sehat itu dapat terwujud. Hal ini didukung Pemkab Agam telah membentuk forum kecamatan sehat dan forum nagari sehat.

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dr. Indra MPPM kepada petugas kesehatan dan jajarannya untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan bermutu dengan tidak membeda-beda masyarakat dalam memberikan pelayanan yang terbaik. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas