Pemkab Agam Terus Dorong Dan Dukung Berbagai Upaya Pembersihan Danau Maninjau

Pemkab agam dibantu oleh Anggota TNI memebersihkan kawasan Danau Maninjau.

Pemkab Agam dibantu oleh Anggota TNI memebersihkan kawasan Danau Maninjau.

AGAM, PADANGTODAY.com-Pemerintah Kabupaten Agam tak main-main untuk masalah kelestarian danau Maninjau. Setelah dilakukannya gotong royong massal pembersihan kawasan danau Maninjau yang dipimpin langsung oleh Bupati Agam Indra Catri awal Februari kemarin, saat ini Pemkab Agam terus mendorong dan mendukung setiap usaha yang dilakukan masyarakat atau pihak manapun untuk membersihkan danau Maninjau.

Kawasan danau Maninjau telah lama menjadi objek Wisata yang memiliki nilai jual tinggi., bahkan destinasi wisatanya juga di dukung dengan kultur masyarakat yang ramah, sehingga memiliki kekhasan tersendiri bagi para pengunjung. Oleh karena itu sangat dibutuhkan adanya peran semua pihak dalam menjaga kebersihan dan kelestarian danau Maninjau, sehingga danau Maninjau tidak hanya di pakai untuk budidaya ikan keramba dan PLTA, namun tetap menjadi salah satu tujuan wisatawan dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumatear Barat.

Saat ini telah mengapung satu wacana di tengah masyarakat Maninjau untuk membersihkan danau Maninjau melalui gotong royong yang dilakukan secara manunggal dengan melibatkan semua pihak, seperti TNI, Pemda dan pengusaha keramba jala apung. Wacana tersebut disambut baik oleh Pemerintah Daerah kabupaten Agam dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Agam yang akan mendorong kegaiatan tersebut agar terlaksana dalam waktu dekat ini.

” Memang untuk melakukan pembersihan danau Maninjau secara keseluruhan tidaklah mudah dan tidak sanggup hanya dilakukan oleh Instansi Pemerintahan semata, namun kegiatan tersebut harus dilakukan bersama-sama dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Kita dari Pemda sangat mendukung apapun bentuk upaya dan kegiatan menyelamtkan danau Maninjau, dan itu terbukti dengan adanya gotong royong massal yang di ikuti oleh ribuan masyarakat dari berbagai lini, serta di pimpin langsung oleh Bupati Agam Indra Catri” kata Ermanto, Kadis DKP Agam.

Ermanto menambahkan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu kegiatan ini harus di susun dan diatur secara terencana, sehingga setelah dilakukan gotng royong pembersihan danau Maninjau, masyarakat juga ikut serta dalam menjaga kebersihan danau, dan meng agendakan kegiatan serupa di tiap Nagari yanga ada di Danau Maninjau secara berkelanjutan, serta bagi pengusaha kerambapun kita menghimbau agar tetap menjaga kebersihan danau Maninjau dengan tidak membuang bangkai ikan mati kedalam danau, yang berakibat tercemarnya danau dan mengeluarkan bau tak sedap.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*