Pemkab Limapuluh Kota Apresiasi Politani

peletakan-batu-pertamaL​ima​p​uluh Kota, PADANGTODAY.com – Selama ini orang lebih mengenal Institut Pertanian Bogor (IPB), kedepan kita berharap orang lebih mengenal Politeknik Pertanian (Politani) Payakumbuh.

Demikian Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo dalam sambutannya pada acara peletakan batu pertama pembangunan Rusunawa Politani Payakumbuh di Tanjung Pati, Jumat (5/9).

“Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota merasa bangga di daerah ini ada Perguruan Tinggi Negeri seperti Politani. Sebab, daerah lain belum tentu memiliki perguruan tinggi seperti ini. Kita berharap Politani terus berkembang dan lebih dikenal lagi seperti orang mengenal IPB,” tutur Bupati.

Menurut Bupati, Politani dewasa ini semakin maju dan ke depan diharapkan terus berkembang hingga menjadi institut pertanian. Pemkab Lima Puluh Kota harus siap mendukung program perguruan tinggi ini.

“Secara substantif pada hari ini Politani sudah menjadi embrio Institut Pertanian. Kita mengapresiasi pihak Politani yang yang terus berupaya memajukan perguruan tinggi ini,” tutur Alis.

Sebelumnya Rektor Unand diwakili Prof. DR. Helmi M.Sc dalam sambutannya mengharapkan pembangunan asrama antara lain untuk membentuk karakter mahasiswa. Selain itu memiliki karakter yang baik, mahasiswa di perguruan tingi ini juga diharapkan mendapatkan penguasaan substansi keahlian, menguasai bahasa, membangun silaturahmi atyau jaringan dan mampu berkarya.

“Salahsatu tujuan asrama itu adalah untuk membangun karakter mahasiswa dan karakter tamatan yang baik. Tak kalah pentingnya, kita berharap tamatan perguruan tinggi ini benar-benar ahli dan tidak kalah saing dengan tamatan perguruan tinggi lain,” ujar Helmi.

Sementara itu Direktur Politani Payakumbuh Ir. Gusmalini, M.Si dalam penyampaiannya menjelaskan, jumlah mahasiswa Politani semakin meningkat setiap tahunnya dan saat ini telah mencapai 1.330 orang. Hal tersebut jelas menuntut perguruan tinggi ini untuk terus meningkatkan sarana dan prasarananya.

“Salahsatu sarana yang perlu ditingkatkan adalah asrama atau rusunawa bagi mahasiswa. Dengan adanya asrama, perguruan tinggi ini diharapkan bisa memberikan pendidkikan karakter dan cara belajar kepada mahasiswa sekaligus menghindarkan mahasiswa dari kegiatan tidak bermanfaat,” ujar Gusmalini.

Gusmalini mengaku Politani merasa sangat bangga mendapatkan bantuan pembangunan asrama dari bantuan Kemenpera tersebut. Apalagi bantuan itu konon hanya diperoleh Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lima Puluh Kota yang telah memberikan rekomendasi dan pihak lainnya sehingga pembangunan asrama ini dapat dilaksanakan,” tutur Gusmalini. (​malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*