Pemkab Padang Pariaman Gelar Sosialisasi PUG

Padang-today.com – Bupati Padang Pariaman yang diwakili Asisten 3  Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Fakhriati membuka Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG), Senin (16/3/2020), di Aula Kantor Bupati, Parikmalintang.

Sosialisasi tersebut bertema  Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kabupaten Padang Pariaman Siap Menuju Pembangunan yang Berkeadilan dan Kesetaraan Gender dan Siap Meraih Anugrah Parahihta Ekapraya (APE) tahun 2020.

Ketika memberikan kata sambutan,  Fakhriati mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini agar tidak ada lagi kesalahan persepsi dalam pengertian gender.  Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Kepala  Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) beserta jajaran yang telah memfasilitasi acara ini.

“Di Kabupaten Padang Pariaman, kesetaraan gender ini sudah tertuang dalam visi dan misi pemerintah daerah dan sudah diorientasikan dalam semua kebijakan dan pelaksanaan pembangunan daerah yang berwawasan gender. Hal itu tertuang dalam Peraturan Bupati Padang Pariaman No. 40 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan gender di Kabupaten Padang Pariaman.,”.ujar Fakhriati.

Bahkan, lanjut dia, dalam managemen pemerintahan, pemerintah telah memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki dalam berkarir, baik dalam jabatan struktural maupun fungsional. Meski demikian, upaya tersebut belum berjalan secara optimal.

Ia menambahkan, berkenaan dengan belum optimalnya kesadaran  tersebut, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah melakukan  berbagai upaya  dalam membangun kesadaran gender dikalangan aparat pemerintahan, maupun swasta, perguruan tinggi, dan dunia usia.

Di antaranya dengan  menyelenggarakan sosialisasi tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) ini oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinsos P3A Padang Pariaman.

Menyangkut APE, ulas Yet – sapaan Fakhriati, merupakan penghargaan yang diberikan kepada  seluruh kementerian / lembaga negara, pemerintahan daerah tingkat propinsi, kabupaten / kota yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

Ia juga melanjutkan partisipasi serta komitmen dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), perguruan tinggi negeri / swasta, dunia usaha, organisasi masyarakat serta lembaga masyarakat sangat menentukan dalam perolehan penghargaan APE tersebut.

Materi Sosialisasi ini disampakan oleh tiga narasumber, yakni Fikhi Akbar, Kepala Bidang Kesejahteraan Gender pada Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi dari Kementerian P3A, Kepala Dinas P3A Provinsi Sumatra Barat Basril Rahmat dan Kasubbid SDM Bidang Sosbud dan Pemerintahan Bapoeda Sumbar Nasrial.

Pada sosialisasi ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama seluruh unsur Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam pelaksanaan PUG di lingkungan unit kerja masing-masing. (SgR)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas