Pemkab Padangpariaman Bentuk 12 Kube Pesisir

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Padangpariaman, Amran Adek pada saat menyerahkan bantuan non tunai di Parit Malintang

 

Padang-today.com__Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat membentuk 12 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Pesisir guna meningkatkan pendapatan keluarga miskin yang tinggal di pesisir di daerah itu.

12 kelompok tersebut tersebar didaerah pesisir, mulai dari kecamatan Ulakan Tapakis sampai ke Kecamatan batang Gasan,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Padangpariaman, Amran Adek di Parit Malintang, Senin 19-02-2018.

Menurutnya, dibentuknya KUBE Pesisir tersebut karena selama ini program dari kementerian Sosial itu hanya dirasakan oleh keluarga miskin yang tinggal di daerah dataran tinggi di Padangpariaman.

Oleh karena itu, jelasnya, pada tahun ini pemerintah setempat memfokuskan pengembangan KUBE di daerah pesisir agar pembagian program tersebut juga dirasakan oleh keluarga miskin di daerah dataran rendah.

Katanya, syarat dan besaran bantuan yang diterima KUBE Pesisir sama dengan kelompok yang ada di dataran tingggi yaitu terdiri dari lima sampai 10 orang serta masing-masing kelompok mendapatkan dana sebesar Rp 20 juta yang dapat digunakan untuk usaha seperti berdagang atau bertenak.

Terserah kelompok tersebut mau memilih usaha berjalan dan berdampak terhadap peningkatkan pendapatan anggotanya,” kata dia.

Dengan adanya penambahkan 12 KUBE tersebut, jelasnya, maka jumlah KUBE di daerah itu saat ini telah mencapai 72 kelompok dari sebelumnya 60 kelompok yang bergerak dalam berbagai bidang usaha.

Ia melanjutkan, 60 kelompok tersebut selama ini dapat menjaga dan mempertahankan usahanya serta membantu anggotanya untuk menigkatkan pendapatan.

Ia menambahkan, pada tahun 2015 daerah itu mendapatkan dana untuk KUBE sebesar Rp 800 juta, 2016 sebesar Rp 1 miliar, sedangkan untuk KUBE Pesisir 2018 yaitu sekitar Rp 240 juta.

Sebelumnya, Pemkab Padangpariaman menyalurkan dana KUBE dari Kementerian Sosial senilai Rp 1,2 miliar untuk 2017 kepada 60 kelompok masyarakat di daerah itu.

Ia berharap 12 kelompok yang akan dibentuk dalam tahun ini tersebut juga dapat mengembangkan usahanya seperti kelompok sebelumnya. Selain itu, ia meminta kepada warga yang tergabung ke dalam KUBE untuk dapat memanfaatkan program tersebut dengan baik sehingga bisa menigkatkan pendapatan anggotanya. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*