Pemkab Tanahdatar Perkuat Kerjasama Dengan Bulog

Tanahdatar—Upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanahdatar gelar rapat koordinasi rencana kerjasama dengan Perum Bulog Divisi Regional Sumbar pada Senin (24/6) kemarin.

Kabag Humas Pemkab Tanahdatar, Yusrizal mengatakan pada kegiatan tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Zuldafri Darma menyampaikan rakor sejalan dengan amanat Peraturan Bupati Tanahdatar Nomor 62/2017 tentang Tupoksi dan Uraian Tugas Setda, di antaranya menyiapkan perumusan kebijakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi bidang perekonomian dan amanat PP Nomor 13 Tahun 2016 tentang Perum Bulog.

“Perum Bulog merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan menjaga tiga pilar ketahanan pangan nasional. Yakni Pilar Ketersediaan, Pilar Keterjangkauan, dan Pilar Stabilitas Pangan dan berperan memotong mata rantai distribusi pangan, yang panjang dan tidak ada penjaminan harga produsen dan konsumen,” ucap Yusrizal mengulagi diruang kerjanya, Selasa (25/6).

Sesuai Visi kelima Kabupaten Tanahdatar, meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis kerakyatan dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya daerah untuk tingkatkan ekonomi. “Pak Wabup menyebutkan terdapat beberapa arah kebijakan yang hendaknya dilaksanakan berupa kegiatan. Yakni peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, pengembangan UMKM berbasis sumber daya lokal, meningkatkan kapasitas pelaku usaha dagang kecil menengah, pemberdayaan masyarakat melalui daya saing produk dan lain-lain,” tuturnya.

Yusrizal juga menyebutkan, pada kesempatan itu Wabub mengingatkan kepada seluruh peserta rakor untuk ikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, sehingga memperoleh informasi penting dari Pemda maupun dari Perum Bulog.

“Pembangunan ekonomi melibatkan semua pihak termasuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE), BUMNag, Perusda yang sinergisitas, sehingga diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Disinilah peranan Bulog yang diharapkan dengan tiga pilar ketahanan pangannya tersebut,” ujar Yusrizal.

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana Kepala Bagian Perekonomian, Masni Yuletri juga menyampaikan maksud tujuan pelaksanaan rapat koordinasi. “Pihak Bulog mengatakan rakor itu bertujuan menginformasikan peran Perum Bulog dalam membantu pelaksanaan ketahanan pangan dan membantu pencapaian Visi Kabupaten Tanahdatar,” bebernya..

Sedangkan salah seorang narasumber, Kabid Komersial dan Pengembangan Bisnis Perum Bulog Divisi Regional Sumbar, Upik Farida saat itu mengungkapkan Perum Bulog tidak hanya mengurus sembilan bahan pokok saja.

“Saat ini Bulog tidak hanya untuk mendistribusikan beras saja, namun sudah meliputi tugas fasilitasi dan pembinaan logistik pengadaan, pengelolaan ketersediaan dan pengendalian. Dan Tanahdatar mempunyai berbagai potensi yang potensial untuk dikembangkan,”  pungkas Yusrizal menirukan. (Ce)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas