Pemko Berikan Pembekalan Disiplin bagi PNS dan CPNS

Padangpanjang—Guna mempersiapkan CPNS yang patuh dan taat kepada aturan kepegawaian yang berlaku, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) lakukan pembekalan aturan disiplin bertempat di kantor setempat, Senin (27/5)

Acara Pembekalan dibuka Kepala Bidang Diklat, Kinerja dan Informasi Kepegawaian pada BKPSDM, Drs. Alber Dwitra, MM, diikuti perserta yang terdiri dari 57 orang, 54 CPNS hasil pengadaan Tahun 2018, dan 3 orang dari PTT yang telah diangkat sebagai CPNS.

Kegiatan yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program pembinaan dan penegakan disiplin PNS di lingkungan Pemko Padangpanjang itu, turut hadir Desra Irawandi, SH Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan,  Dinul Akhyar Kepala Sub Bidang Kinerja dan Disiplin BKPSDM.

“Kegiatan ini juga bertujuan agar CPNS memiliki pemahaman yang jelas dengan aturan disiplin PNS. Termasuk apa saja yang menjadi kewajiban dan larangan bagi PNS,” ujar Alber.

Pada kesempatan yang sama, Dinul Akhyar, SH selaku Kepala Sub Bidang Kinerja dan Disiplin BKPSDM mengatakan, ketidaktahuan akan aturan disiplin PNS, berpeluang menyebabkan CPNS melakukan pelanggaran disiplin yang dapat dijatuhi hukuman disiplin.

Dikatakan Dinul, peraturan yang sangat penting untuk diketahui seluruh komponen abdi negara tersebut yakni, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, PP Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, Perka BKN Nomor 24 Tahun 2017 tentang tata cara pemberian cuti PNS dan Permendagri Nomor 06 Tahun 2016 tentang Pakaian Dinas PNS.

” Jika penerapan penegakan disiplin bagi PNS sudah dapat diwujudkan maka akan tercapai peningkatan kinerja yang pada gilirannya akan terpenuhi pelayanan publik yang prima. Karena pada hakekatnya pelayanan publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat,” ungkap Dinul. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas