Pemko Dongkrak Potensi Rearing Unit, Jadi Tambahan Sumber PAD

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Selain sebagai kota pendidikan dan salah satu destinasi wisata di Sumbar, Kota Padangpanjang dengan luas relative kecil juga bertumpu pada pontesi pertanian sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah.

Wali Kota Padangpanjang, Hendri Arnis menyebut pada tahun ke dua kepemimpinannya ini kembali menfokuskan peningkatan potensi pertanian. Khususnya terhadap peternakan sapi, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang mengoptimalkan program Rearing Unit (Taman Sapi Perah) yang telah berjalan sejak November 2014 lalu.

Wako Hendri Arnis menegaskan, melalui rearing unit akan membuka peluang bagi palaku peternakan sapi kea rah lebih baik lagi. Baik secara personal ataupun kelompok tani (keltan), akan dibantu dalam pembibitan sapi perah sampai pada usia layak sebagai induk sapi.

“Harapan pemerintah, melalui program rearing unit ini bisa mendongkrak kesejahteraan petani sapi. Terhadap harga jual sapi-sapi tersebut nantinya, petani kita tinggal terima bersih dengan telah disiapkannya tim marketing. Kemudian berkaitan dengan kualitas market, pemerintah juga melakukan kerja sama dengan jajaran lisensi penjualan sapi perah,” terang Wako Hendri kepada Padangtoday.

Sekretaris Dinas Pertanian, Zetrial mengungkapkan program rearing unit dalam pembibitan sapi perah telah berjalan sejak November 2014 dengan 16 anak sapi dari sejumlah keltan. Program pembibitan yang berada di bawah Unit Pelayan Tekhnis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), mewajibkan petani untuk menyerahkan anak sapi sejak usia 1 minggu.

Pembibitan pada rearing unit, dikatakannya akan berlangsung hingga 18 bulan maksimal sampai sapi tersebut telah dianggap layak jadi induk sapi. Pada usia tersebut dianggap layak jual, prosesnnya disebut akan ditangani oleh UPTD Puskeswan sesuai dengan fungsinya dalam jual beli sapi yang telah diatur melalui peraturan daerah (perda).

“Program rearing unti tahun ini akan didukung program bantuan sapi sebanyak 200 ekor dari APBN-Perubahan 2014. Bantuan tersebut akan disalurkan pada 7 kelompok tani yang telah mencukupi criteria sebagai penerima bantuan. Bertambahnya induk sapi, secara langsung akan berdampak peningkatan pembibitan pada rearing unit. Berikutnya juga berpengaruh terhadap terjadinya peningkatan sumber PAD dari Dinas Pertanian,” jawab Zetrial. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*